Bukan Hanya Dana, Butuh 2 Hal Ini untuk Naikkan Peringkat Kampus

Kompas.com - 15/08/2019, 12:41 WIB
Ilustrasi QS Wold Rankings untuk universitas di IndonesiaDok. QS World Rankings Ilustrasi QS Wold Rankings untuk universitas di Indonesia

KOMPAS.com – Sebagian masyarakat menganggap pemerintah dan pengelola perguruan tinggi sibuk mengurusi berbagai hal guna meningkatkan peringkat kampus di tingkat dunia, padahal masih banyak urusan dalam negeri yang menyangkut kesejahteraan masyarakat kurang diperhatikan.

Menanggapi hal itu, Wakil Rektor Universitas Indonesia Bidang Riset dan Inovasi Rosari Saleh mengakui anggapan itu ada benarnya. Dia menyetujui pihak kampus mendapat tuntutan meraih peringkat lebih tinggi lagi di level internasional.

Namun, usaha itu bisa dilakukan beriringan dengan penelitian berdampak pada kehidupan masyarakat sehingga kampus tidak hanya melakukan hal bersifat akademis, tetapi juga berdampak sosial.

Namun, semuanya itu membutuhkan dana yang mencukupi.

1. Riset berdampak masyarakat

“Dana itu bisa dikombinasikan sehingga kita bisa mencapai ranking dunia dan apa yang diinginkan masyarakat bahwa kemandirian bangsa juga harus ada,” ujar Rosari Saleh dalam temu media di kampus UI Depok, Rabu (14/8/2019).

Baca juga: Masuk Universitas Kelas Dunia lewat Kompetisi dan Penelitian Internasional

Dia mengatakan, banyak sumber daya dan pendanaan yang terserap untuk meningkatkan peringkat kampus sekaligus melakukan riset yang berguna bagi masyarakat. Sebab, dana yang digelontorkan universitas lain dunia juga besar.

Dana itu dapat digunakan sekaligus untuk membuat produk-produk yang berdaya guna, misalnya di bidang ketahanan pangan, energi, dan bidang lain yang berhubungan dengan kemakmuran masyarakat.

“Artinya kita meraih ranking dunia sekaligus berkontribusi pada problem di masyarakat. Yang penting adalah regulasi yang bisa menggunakan produk tersebut. Jadi bukan hanya universitas, tapi negara juga harus memikirkan juga,” ucap Rosari.

Dia menuturkan, untuk bisa meraih peringkat lebih tinggi di tingkat dunia, UI bisa melakukan sejumlah terobosan agar bisa mencapai ranking yang lebih tinggi, baik di tingkat Aisa Tenggara maupun dunia, dalam lima tahun ke depan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X