Para Siswa yang Suka Menulis, Yuk Ikut Kompetisi Ini!

Kompas.com - 15/08/2019, 15:18 WIB
Ilustrasi menulis, kompetisi menulisShutterstock Ilustrasi menulis, kompetisi menulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMBI) menggelar kompetisi menulis "Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional" dan mengajak para siswa SD, SMP, dan SMA atau sederajat dari seluruh Indonesia untuk mengikuti kompetisi ini.

Pendiri GMBI Lenang Manggala mengatakan, kompetisi ini bisa diikuti oleh para siswa dari berbagai daerah di Indonesia.

Selanjutnya, akan ditentukan yang terbaik dan keluar sebagai pemenang di tingkat nasional.

“Masa depan Indonesia yang menyala adalah cita-cita, pengembangan budaya literasi adalah cara, dan program Gerakan Sekolah Menulis Buku adalah upaya nyata bersama untuk meraih cita-cita,” kata Lenang melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (14/8/2019).

Kategori yang dikompetisikan antara lain lomba menulis puisi, cerpen, dan artikel.

Karya-karya terpilih nantinya juga akan dibukukan dan dicetak.

Lenang yakin, melalui kompetisi ini, bisa menggugah generasi muda untuk giat menulis.

Selain itu, mengubah pandangan bahwa tulisan tidak hanya bisa dinikmati secara pribadi, melainkan juga mendapat apresiasi dari pihak luas.

Pemenang kompetisi tahun 2018, Hasti Nurul Kusuma, mengatakan, ia merasa senang karyanya mendapatkan apresiasi.

“Program ini seru sekali. Selain itu, siswa juga akan merasa terapresiasi atas karya-karyanya. Sehingga kita menulis bukan hanya untuk konsumsi pribadi saja, tetapi kita semangat karena ternyata karya kita diapresiasi oleh orang lain,” ujar Hasti, siswi SMA Negeri 1 Klaten, Jawa Tengah.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X