Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gemasnya Lihat 1.000 Siswa PAUD Belajar Cinta Tanah Air di Museum

Kompas.com - 16/08/2019, 07:38 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Dalam rangka turut memperingati 74 Tahun Indonesia Merdeka, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menggelar kegiatan "Goes to Museum". Sebanyak 1.000 siswa tersebar di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi berkunjung ke Museum Nasonal, Rabu (14/8/2019).

Siswa PAUD tersebut akan didamping oleh 200 orang guru PAUD, puluhan relawan Sahabat Museum, dan sejumlah staf Direktorat Bin-PAUD dan Museum Nasional.

Bukan sekadar berkunjung dan mendengarkan cerita dari para pemandu museum dan kakak mahasiswa yang menjadi relawan sahabat museum, para siswa PAUD juga akan mengikuti sejumlah kegiatan permainan dan atraksi kerjasama antara Direketorat Bin-PAUD dan Museum Nasional.

Kecintaan terhadap sejarah

“Kegiatan siswa PAUD berkunjung ke museum ini sangat bermanfaat bagi penanaman karakter, budi pekerti, dan semangat cinta tanah air," ujar Direktur Pembinaan PAUD, Muhammad Hasbi melalui rilis resmi.

Baca juga: 3 Faktor Penentu Siap atau Tidaknya Anak Masuk PAUD

Hasni menambahkan, "Dengan melakukan kunjungan ke museum sejak usia dini mereka diperkenalkan keindahan tanah airnya, beragam suku, bangsa, bahasa, kebudayaan serta hasil-hasil budaya yang ada di negeri ini.” 

Ia menyampaikan anak-anak merupakan generasi penerus bangsa sehingga mereka perlu dibekali dengan pemahaman akan nilai-nilai sejarah Indonesia sejak usia dini.

Program kunjung museum ini merupakan salah satu cara menumbuhkan rasa kecintaan anak bangsa terhadap sejarah, khususnya Indonesia.

Kegiatan interaktif museum

Sebelum berkunjung para siswa dan guru akan berkumpul di Lapangan Monas. Setelah melakukan makan siang bersama, 1.000 siswa PAUD berjalan kaki ke Museum Nasional.

Di Museum Nasional mereka akan dipandu oleh kakak-kakak pecinta dan Sahabat Museum. Oleh kakak pemandu siswa PAUD akan menelusuri benda-benda etnografi dari seluruh Indonesia.

Siswa PAUD akan diperkenalkan betapa luas dan beragamnya suku bangsa di Indonesia. Setelah sesi kunjungan selesai para siswa mengikuti sejumlah kegiartan interaktif seperti merangkai manik-manik, membuat souvenir dari tanah liat dan mewarnai gambar.

Hasil karya para siswa PAUD tersebut dapat dibawa pulang dan akan menjadi souvenir kenang-kenangan seumur hidup.

Pendidikan karakter lewat museum

Dalam rangka turut memperingati 74 Tahun Indonesia Merdeka, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menggelar kegiatan Goes to Museum. Sebanyak 1.000 siswa tersebar di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi berkunjung ke Museum Nasonal, Rabu (14/8/2019).DOK. DIREKTORAT PEMBINAAN PAUD Dalam rangka turut memperingati 74 Tahun Indonesia Merdeka, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menggelar kegiatan Goes to Museum. Sebanyak 1.000 siswa tersebar di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi berkunjung ke Museum Nasonal, Rabu (14/8/2019).

Acara kunjung PAUD dengan segala kegiatan di dalamnya yang pada awalnya adalah karena kewajiban akan menumbuhkan kesadaran sendiri berkunjung ke museum.

Seperti disampaikan Kompas.com sebelumnya, pada hari yang sama rencananya akan dilakukan peresmian kegiatan Prasiaga untuk tingkat PAUD dan TK dalam memperingati Hari Pramuka, 14 Agustus 2019.

Upaya penanaman pendidikan karakter lewat Prasiaga untuk peserta anak usia dini masih akan menunggu koordinasi dari Kwarnas dalam pelaksanaan nantinya.

Acara kunjungan Museum Nasional ini kemudian menjadi salah satu media pendidikan nonformal bagi pengembangan pendidikan karakter lewat ilmu pengetahuan sejarah dengan nuansa edutainment.

"Museum Nasional merupakan salah satu wahana eduksi kebudayaan dan sejarah yang dapat menjadi pilihan para guru dan orangtua. Dengan kegiatan ini kita berharap dapat menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air kepada generasi hebat anak Indonesia," tutup Hasbi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com