Pidato Kenegaraan: Pendidikan Vokasi Harus Diberikan di Tingkat Menengah

Kompas.com - 16/08/2019, 14:23 WIB
Presiden Joko Widodo memberi hormat sebelum menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). SIGID KURNIAWANPresiden Joko Widodo memberi hormat sebelum menyampaikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

 

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan pendidikan vokasi yang mengajarkan keterampilan peserta didik untuk bisa memenuhi kebutuhan pasar harus diberikan dari jenjang pendidikan tingkat menengah.

“Keterampilan vokasional yang akan dibutuhkan pasar—the emerging skills—harus sudah dilatihkan sejak pendidikan menengah ini,” ucap Jokowi dalam pidato kenegaraan di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Selanjutnya, bangsa kita harus berani mencanangkan target yang tinggi untuk tingkat pendidikan tinggi. Target itu yakni bahwa kualitas SDM yang lulus dari pendidikan tinggi di Indonesia harus bisa bersaing di tingkat regional dan global.

Kompetitif karakter

Untuk mencapai target itu, ada dua hal yang mesti dipenuhi. Syarat pertama yaitu
SDM kita harus kompetitif dalam karakter. Maksudnya yakni memiliki jiwa pekerja keras, jujur, kolaboratif, solutif, dan enterpreneurship.

Baca juga: Pidato Jokowi: Indonesia Butuh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

“Kedua, SDM kita harus kompetitif dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang menguasai the emerging skills, yang mampu mengisi the emerging jobs, dan inovatif dan membangun the emerging business,” lanjut Jokowi.

Dia menambahkan, untuk bisa menghasilkan SDM seperti yang disebutkan tadi serta SDM yang pintar dan berbudi pekerti luhur, sebelumnya SDM tersebut harus memiliki kesehatan dan kekuatan.

Hal itu bisa dicapai dengan menurunkan angka stunting sehingga anak-anak Indonnesia dapat tumbuh menjadi generasi yang premium.

Selain itu, akses kesehatan juga harus diperluas dengan memanfaatkan teknologi dan pembangunan infrastruktur dasar ke seluruh pelosok Tanah Air.

“Kita tingkatkan kualitas kesehatan dengan pengembangan inovasi dan budaya hidup sehat,” imbuhnya.

Berakar budaya bangsa

Dalam pidato sama, Jokowi juga menyampaikan ada beberapa hal harus ditanamkan dalam pendidikan dasar dan menengah di Indonesia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X