Kompas.com - 18/08/2019, 08:56 WIB

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merasa yakin bahwa Indonesia bisa melaksanakan visinya menjadi negara maju jika fokus untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Saya yakin dengan fokus pada peningkatan kualitas SDM, Indonesia dapat segera mewujudkan visinya menjadi negara maju,” ucap Jokowi dalam pidato tentang Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) dan Nota Keuangan 2020 di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Menurut dia, peningkatan kualitas SDM itu juga menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing nasional, salah satunya di bidang ekonomi.

Indonesia harus mampu menumbuhkan perekonomiannya ketika kondisi ekonomi negara-negara lain melambat. Kita pun harus jeli untuk membalikkan situasi krisis menjadi suatu peluang.

“Kita manfaatkan kesulitan sebagai kekuatan untuk bangkit, untuk tumbuh, untuk Indonesia maju,” tambah Jokowi.

Penguatan SDM berkualitas

Peningkatan kualitas SDM juga menjadi modal penting untuk menghadapi era ekonomi berbasis digital. Maka dari itu, harus disiapkan berbagai program pembangunan SDM untuk memastikan bonus demografi menjadi bonus lompatan kemajuan.

Baca juga: Pidato Jokowi: Indonesia Butuh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Caranya dengan membangun generasi bertalenta yang memiliki karakter dan bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Jokowi pun mengatakan, Indonesia memiliki modal awal untuk menghadapi persaingan di tingkat global, yaitu jumlah penduduk yang merupakan nomor empat terbesar di dunia dan sebagian besar penduduk Indonesia masih berusia muda.

Selain itu, masyarakat kelas menengah kita pun mengalami pertumbuhan pesat.

Itulah yang membuat tema kebijakan fiskal tahun 2020 yaitu ”APBN untuk Akselerasi Daya Saing melalui Inovasi dan Penguatan Kualitas Sumber Daya Manusia”.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.