Melbourne Symphony Orchestra Latih Musisi Muda Yogyakarta

Kompas.com - 25/08/2019, 13:24 WIB
Tahun ini, 34 musisi muda Yogyakarta peroleh kesempatan mendapat bimbingan para musisi kelas master dari Melbourne Symphony Orchestra (MSO) dalam kegiatan Youth Music Camp 2019. DOK ISI YOGYAKARTATahun ini, 34 musisi muda Yogyakarta peroleh kesempatan mendapat bimbingan para musisi kelas master dari Melbourne Symphony Orchestra (MSO) dalam kegiatan Youth Music Camp 2019.

KOMPAS.com - Bagi musisi muda, mendapat pelatihan dan bimbingan dari musisi profesional adalah sebuah kesempatan sangat berharga untuk meningkatkan kualitas keterampilan bermusik.

Tahun ini, 34 musisi muda Yogyakarta peroleh kesempatan mendapat bimbingan para musisi kelas master dari Melbourne Symphony Orchestra (MSO) dalam kegiatan Youth Music Camp 2019.

Para musisi muda yang juga mahasiswa SMM (Sekolah Menengah Musik) Yogyakarta dan ISI Yogyakarta mendapatkan pelatihan secara intensif selama hampir 1 minggu dari para master yakni : Miranda Brockman (cello), Kristin Kenny (violin), Sarah Curro (violin), Steve Reeves (double bass), Isabel Morse (Viola).

Berbagi pengalaman

 

"Materi yang diberikan adalah keterampilan bermusik untuk sebuah penyajian sebuah orkestra. Keterampilan ini diperlukan karena sebagai musisi dalam sebuah orkestra mereka perlu mengasah kepekaan mereka dalam hal bermain musik secara bersama-sama," jelas Iwan Dani Setiawan dari Program S2 ISI Yogyakarta melalui rilis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Hadirkan Kegembiraan, ISI Yogyakarta Gelar Konser Musik Anak

Mereka harus bisa menampilkan warna suara yang diinginkan conductor. Pengalaman inilah yang mereka peroleh dari para master dari MSO tersebut.

Setelah digembleng secara intensif, para musisi muda ini kemudian berkolaborasi bersama pelatih mengadakan konser. Konser diadakan pada hari Kamis tanggal 15 Agustus 2019 lalu bertempat di Auditorium Driyarkara Universitas Sanata Darma Yogyakarta.

Konser kolaborasi

Tahun ini, 34 musisi muda Yogyakarta peroleh kesempatan mendapat bimbingan para musisi kelas master dari Melbourne Symphony Orchestra (MSO) dalam kegiatan Youth Music Camp 2019.DOK. ISI YOGYAKARTA Tahun ini, 34 musisi muda Yogyakarta peroleh kesempatan mendapat bimbingan para musisi kelas master dari Melbourne Symphony Orchestra (MSO) dalam kegiatan Youth Music Camp 2019.

Repertoire yang mereka bawakan pada konser tersebut adalah karya dari Mendelssohn, Hindemith, Janacek dan satu repertoire karya komponis Indonesia, Budi Ngurah yakni “Bonang Concerto”.

Kedatangan tim MSO ke Yogyakarta adalah perwujudan kerjasama antara Pemerintah DIY dengan Negara Bagian Victoria Australia yang sudah berlangsung sejak tahun 2015.

Dalam kurun waktu 4 tahun, tim dari MSO telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 300 musisi muda Yogyakarta dan telah mengadakan 3 kali konser kolaborasi. Konser kolaborasi terbesar diadakan tahun 2017 di Candi Prambanan, Jawa Tengah.

Selain itu Pemerintah DIY juga mengirimkan beberapa musisi muda berbakat untuk belajar di Melbourne selama beberapa pekan pada tahun 2017.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X