Perkuat Kompetensi Kerja Lulusan, UPH Buka "ProActive Zone Co-op"

Kompas.com - 29/08/2019, 17:26 WIB
Peresmian ProActive Zone Co-op Education secara simbolis lewat pengguntingan pita oleh Stephanie Riady, Vice President for Marketing dan External Cooperation & Business Development UPH disaksikan pimpinan fakultas dan perwakilan perusahaan mitra UPH, diantaranya PT Asuransi Adira Dinamika, PT Nutrifood dan CIMB Niaga (28/8/2019). DOK. UPHPeresmian ProActive Zone Co-op Education secara simbolis lewat pengguntingan pita oleh Stephanie Riady, Vice President for Marketing dan External Cooperation & Business Development UPH disaksikan pimpinan fakultas dan perwakilan perusahaan mitra UPH, diantaranya PT Asuransi Adira Dinamika, PT Nutrifood dan CIMB Niaga (28/8/2019).

 

KOMPAS.com - Menghadapai tantangan era Revolusi Industri 4.0, lulusan perguruan tinggi dituntut tidak hanya berhasil secara akademis namun juga memiliki kompetensi yang dibutuhkan dunia industri.

Link and match kini menjadi kata kunci sinergi pendidikan tinggi dan dunia industri agar lulusan benar-benar memiliki profesionalitas dan kemampuan yang dibutuhkan dunia kerja nantinya.

Keterampilan kerja sejak di bangku kuliah inilah yang menjadi bagian perhatian khusus Universitas Pelita Harapan ( UPH) dan kemudian diintegrasikan dalam kurikulum perkuliahan. Salah satunya diwujudkan dengan kehadiran fasilitas "ProActive Zone Co-op Education" yang diresmikan Rabu, 28 Agustus 2019.

Peresmian dilakukan secara simbolis pengguntingan pita oleh Stephanie Riady, Vice President for Marketing dan External Cooperation & Business Development UPH disaksikan pimpinan fakultas dan perwakilan perusahaan mitra UPH, diantaranya PT Asuransi Adira Dinamika, PT Nutrifood dan CIMB Niaga.

Adopsi sistem Kanada

“ProActive Zone ini merupakan miniature gedung Co-Op Education yang ada di Waterloo University Canada yang menjadi acuan dalam perancangan system," jelas Helena Margaretha, koordinator Peminatan Aktuaria dan Matematika Bisnis, Prodi Matematika UPH dikutip dari rilis resmi UPH.

Baca juga: Kedokteran UPH Gelar Kuliah 3D, Menristek Dorong Kuliah Inovatif

Helena menambahkan ide program ini lahir dari kunjungan tahun 2017 dan 2018 tim UPH dan beberapa perusahaan serta pemerintah Indonesia dengan beberapa perusahaan besar di Toronto untuk melihat system co-op yang sudah berjalan di Kanada.

Sesuai namanya, ProActive Zone (Professional and Academic Cooperation to build an innovative and valueable learning experience) dirancang sebagai jembatan dunia kampus dan industri untuk memfasilitasi mahasiswa mendapat eksposure yang matang tentang dunia kerja saat di bangku kuliah.

Melalui program ini, mahasiswa mendapat kesempatan memperluas relasi dan networking dengan para profesional dan pimpinan perusahaan.

Ruangan ProACTIVE Co-Op Education mengambil lokasi di lantai 4 gedung C kampus UPH Lippo Village, Karawaci, Tangerang dan dilengkapi seperangkat software serta platform digital untuk mempertemukan mahasiswa peserta program dengan perusahaan mitra UPH.

Ruang ini menyediakan fasilitas ruang privasi untuk interview perusahaan yang ingin melakukan on campus recruitment, ruang meeting perusahaan melakukan group recruitment hingga co working space.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X