Keren, Tim Bimasakti UGM Raih 8 Gelar di Formula Jepang!

Kompas.com - 03/09/2019, 08:54 WIB
Kompetisi otomotif internasional Student Formula SAE Japan 2019. Dok. Universitas Gadjah MadaKompetisi otomotif internasional Student Formula SAE Japan 2019.

KOMPAS.com – Bimasakti Pertamax Turbo Racing Team dari Universitas Gadjah Mada ( UGM) menyabet sejumlah penghargaan di ajang kompetisi otomotif "Internasional Student Formula SAE Japan 2019" pada 27-31 Agustus 2019 di Ecopa Arena, Shizuoka, Jepang.

Pada ajang gelaran Society of Automotive Engineers ini, delapan penghargaan berhasil diboyong tim Bimasakti UGM, yaitu

  1. JAMA Chairman Award
  2. No. 1 Student Formula Team in Indonesia
  3. Top 6 Overseas Team
  4. Top 8 SkidPad
  5. Top 5 Presentation
  6. Top 3 Design Overseas
  7. Outstanding Performance Award
  8. The Only Indonesian Team with Award.

“Bimasakti Pertamax Turbo Racing Team UGM berhasil menunjukkan bahwa Indonesia mampu bersaing di skala internasional. Beberapa pencapaian sudah sesuai target, ada beberapa juga yang belum,” ujar ketua tim, Muhammad Kamal Ardi Putra, dalam laman resmi UGM, Senin (2/9/2019).

Generasi ke-8

Dalam kompetisi ini, tim itu membawa mobil Bimasakti generasi kedelapan yang telah disempurnakan dari mobil generasi sebelumnya. Tahun 2018, tim Bimasakti Pertamax Turbo juga meraih gelar pada ajang yang sama.

Baca juga: Ini Dia, 4 Kampus Jawara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2019

Tahun ini merupakan tahun kedelapan Tim Bimasakti Student Formula Japan. Mereka mengikuti kompetisi tersebut karena merupakan tim pertama dari Indonesia yang mengikuti kompetisi ini pada tahun 2011.

Perhelatan tersebut sebagai ajang para mahasiswa untuk mendesain, membangun, dan mengembangkan mobil tipe formula dalam skala kecil.

Penilaiannya meliputi Static Event dan Dynamic Event. Static Event terdiri dari tiga aspek, yaitu Cost Event, Design Event, dan Presentation Event. Adapun Dynamic Event terdiri dari Acceleration, Skidpad, Autocross, dan Endurance.

Persaingan lebih berat

Kamal menjelaskan, ajang kompetisi di bidang otomotif ini dimulai dengan tahap Technical Inspection oleh para juri. Tahap ini sangat menentukan sebuah mobil dapat digunakan di trek yang sudah disiapkan dalam Dynamic Event.

Kemudian, pada aspek lomba Static Event, yaitu Design Presentation dan Business Presentation, Tim Bimasakti Pertamax Turbo Racing Team UGM mampu melewatinya dengan baik. Hasil dari perlombaan ini memberikan nama harum bagi Indonesia.

“Persaingan pada tahun ini jauh lebih berat, terutama waktu race kami dapat yang hujan," jelas Kamal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X