Ini Dia, Pemenang Hackathon "DevCamp Tokopedia 2019"

Kompas.com - 03/09/2019, 15:29 WIB
Tokopedia telah mengumumkan pemenang kompetisi hackathon DevCamp 2019 pada Sabtu (31/08/2019). DOK. TOKOPEDIATokopedia telah mengumumkan pemenang kompetisi hackathon DevCamp 2019 pada Sabtu (31/08/2019).

KOMPAS.com - Tokopedia telah mengumumkan pemenang kompetisi hackathon "DevCamp 2019" pada Sabtu (31/08/2019). Acara ini menjadi puncak rangkaian pelatihan intensif di bidang backend and mobile serta kompetisi hackathon yang digelar selama enam hari. 

Kompetisi DevCamp 2019 digelar Tokopedia untuk mendukung misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemendikbud) dalam mendorong minat mahasiswa di bidang Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM).

Meningkatnya minat generasi muda terhadap bidang teknologi diharapkan berbanding lurus dengan meningkatnya jumlah developer handal demi menghadirkan beragam inovasi digital yang dapat mempermudah kehidupan sehari-hari masyarakat, terutama dalam berkontribusi terhadap perekonomian digital negara.

Pemenang: "Artpedia"

Aswin Tanu Utomo, VP of Engineering Tokopedia mengungkapkan, “Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia percaya bahwa talenta merupakan investasi terbesar dalam mengakselerasi terwujudnya misi besar untuk Indonesia, yaitu pemerataan ekonomi secara digital.

Baca juga: Pimnas 2019: Menyanding Garuda Wisnu Kencana dan Unicorn Indonesia

"Lewat DevCamp 2019, kami berharap bisa mendorong lahirnya lebih banyak talenta berbakat khususnya developer yang nantinya juga punya kesempatan berkarya untuk Indonesia lewat Tokopedia,” ujar Aswin.

Tahun ini, pemenang pertama kompetisi hackathon DevCamp 2019 adalah sebuah grup, yang terdiri dari:

  • Dion Saputra (Institut Teknologi Bandung),
  • Ridwan Afwan Karim Fauzi (Universitas Gadjah Mada), dan
  • Azzam Jihad Ulhaq (Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Mereka menciptakan produk "Artpedia" yang berfungsi mempertemukan seniman dan para kolektor karya seni, misal lukisan.

Dalam pengaplikasiannya, Artpedia didukung teknologi Augmented Reality (AR), dimana pengguna dapat melihat langsung karya seni dengan mengarahkan kamera ke lokasi yang mereka inginkan.

Inovasi ini memberikan pengalaman interaktif dan imersif kepada pengguna ketika menggunakan aplikasi tersebut.

Tahapan seleksi

Peserta yang mengikuti kompetisi DevCamp 2019 telah melalui rangkaian seleksi ketat, dimulai dari seleksi berkas hingga wawancara dengan tim juri dari Tokopedia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X