Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ivosights dan Thisable Upayakan Pemberdayaan Disabilitas di Era Ekonomi Digital

Kompas.com - 04/09/2019, 18:09 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Thisable Enterprise, pusat pemberdayaan ekonomi kreatif untuk disabilitas Indonesia, menyebutkan data total penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 21.846.733 atau setara dengan 8,56 persen penduduk Indonesia. 

Thisable juga menyebut berdasarkan data Bappenas baru 25 persen penyandang disabilitas di Indonesia bekerja, baik di sektor formal maupun informal.

Sebanyak 39,9 persen sebagai petani, 32,1 persen bekerja sebagai buruh, 15,1 persen bekerja di sektor jasa dan sisanya bekerja di perusahaan swasta atau menjadi wiraswasta.

Baca juga: Penuh Haru, Kisah Ibu Dampingi Anak Berkebutuhan Khusus Jadi Lulusan Termuda UNY

Hal ini kemudian mendorong PT Ivonesia Solusi Data (Ivosights) bekerja sama dengan Thisable Enterprise melibatkan penyandang disabilitas sebagai customer care atau customer service di platform Sociomile.

Penandatanganan kerjasama dilakukan antara Elga Yulwadian (CEO & Co-Founder Ivosights) dan Angkie Yudistia (CEO & Co-Founder Thisable) dilakukan di Jakarta, pada Rabu 4 September 2019.

Sociomile yang telah memasuki tahun kedua merupakan platform layanan customer care omni channels yang dapat menghimpun sebagian besar kanal interaksi digital dalam satu dashboard.

PT Ivonesia Solusi Data (Ivosights) bekerja sama dengan Thisable Enterprise melibatkan penyandang disabilitas sebagai customer care atau customer service di platform Sociomile. Penandatangan kerja sama dilakukan di Jakarta (4/9/2019).DOK. IVOSIGHTS PT Ivonesia Solusi Data (Ivosights) bekerja sama dengan Thisable Enterprise melibatkan penyandang disabilitas sebagai customer care atau customer service di platform Sociomile. Penandatangan kerja sama dilakukan di Jakarta (4/9/2019).

"Berinteraksi langsung dengan customer melalui media sosial secara manual bisa sangat sulit karena banyak kanal media sosial. Sociomile merupakan platform yang memudahkan. CS kami akan membantu merespon keluhan (complaint handling) yang disampaikan customer melalui kanal digital," ujar Elga.

Ivosights memberikan kesempatan kepada 20 penyandang disabilitas bergabung dan berkarya bersama mengembangkan Ivosights. "Tidak menutup kemungkinan akan terus berlanjut kerja sama ini," ujar Elga dikutip dari rilis resmi.

Langkah merupakan bentuk dukungan Ivosights pada program pemerintah terkait pembangunan ketenagakerjaan yang inklusif yakni mempekerjakan penyandang disabilitas.

Angkie Yudistia (CEO and Co-Founder Thisable Enterprise) mengatakan saat ini baru 14.650 penyandang disabilitas bergabung dengan Thisable Enterprise dan 3.255 orang merupakan penyandang disabilitas siap kerja.

"Kami menyambut baik kerja sama ini. Kami siap memberikan mitra kami yang berkualitas untuk berkarya bersama Ivosights," ujar Angkie.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com