KILAS

Tingkatkan Akses Pendidikan, Jabar Siapkan Ratusan Beasiswa Perguruan Tinggi

Kompas.com - 05/09/2019, 14:40 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama ratusan mahasiswa Dok. Humas Pemdaprov Jawa BaratGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama ratusan mahasiswa

KOMPAS.COM – Untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi (PT), Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat ( Jabar) menggagas program beasiswa Jabar Future Leaders (JFL) 2019.

Tak hanya itu, menurut Kepala Dinas Pendidikan Prov. Jabar Dewi Sartika, program beasiswa itu juga menjadi upaya Pemdaprov Jabar untuk mencetak generasi muda pemimpin masa depan.

“JFL 2019 juga bertujuan untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) Jabar yang mandiri, produktif, memiliki kependulian sosial, serta mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Dewi dalam rilis, Kamis (5/9/2019).

Beasiswa ini, kata dia, terbuka bagi peserta didik yang berpotensi akademik maupun non-akademik, serta kurang mampu secara ekonomi.

Baca juga: Bima Arya Dukung Rencana Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat

Dewi menjelaskan, beasiswa itu berlaku bagi mahasiswa jenjang Strata 1 (S-1), S2, dan S3. Ada empat kategori dalam JFL 2019, baik jalur akademik maupun non-akademik.

Pertama, untuk beasiswa penuh jalur akademik untuk jenjang S1 sebanyak 400 mahasiswa. Kedua, beasiswa pendidikan penuh jenjang S2 untuk 157 mahasiswa.

Ketiga, beasiswa bantuan biaya pendidikan jenjang S3 bagi 50 mahasiswa. Terakhir, beasiswa percepatan akses pendidikan tinggi jenjang S1 untuk 705 mahasiswa.

Sementara itu, untuk jalur non-akademik kuotanya mencapai 385 mahasiswa. Dengan rician, 130 mahasiswa jenjang S1 berprestasi di bidang keagamaan dan 85 mahasiswa jenjang S1 berpretasi di bidang atletik.

Baca juga: Mengenal Tegalluar, Walini, dan Rebana, Calon Ibu Kota Baru Jawa Barat

Untuk jenjang S1 berprestasi di bidang kesenian dan bidang organisasi masing-masing mendapat kuota 85 mahasiswa.

Dewi mengatakan, beasiswa penuh jenjang S1, S2, diperuntukan bagi mahasiswa baru di 10 universitas terakreditasi A. Sementara beasiswa penuh jenjang S3, diperuntukan bagi mahasiswa baru di 11 universitas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X