Pendidikan Tinggi Didorong Jadi Inkubator dan Akselerator Startup

Kompas.com - 09/09/2019, 18:54 WIB
Menkominfo Rudiantara didampingi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan perluasan Tech Incubator Skystar Ventures berlokasi di lantai 11, New Media Tower Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada (06/09/2019). DOK. KOMPAS.com/YOHANES ENGGARMenkominfo Rudiantara didampingi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan perluasan Tech Incubator Skystar Ventures berlokasi di lantai 11, New Media Tower Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada (06/09/2019).

KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara didampingi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan perluasan Tech Incubator Skystar Ventures yang berlokasi di lantai 11, New Media Tower Universitas Multimedia Nusantara ( UMN) pada (06/09/2019).

DIharapkan perluasan area Skystar Ventures akan dapat mendukung dan mengembangkan kegiatan pembinaan entrepreneurship mahasiswa dan alumni UMN serta menjadi coworking space bagi perusahaan rintisan di Indonesia.

“Perluasan ini akan didedikasikan untuk pengembangan program kewirausahaan mahasiwa UMN, alumni, dan juga coworking space sehingga dapat menciptakan lebih banyak ekosistem startup yang kolaboratif," ujar Yovita Surianto.

Jadi inkubator dan akselerator

Menkominfo Rudiantara didampingi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan perluasan Tech Incubator Skystar Ventures berlokasi di lantai 11, New Media Tower Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada (06/09/2019).DOK. SKYSTAR VENTURES UMN Menkominfo Rudiantara didampingi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan perluasan Tech Incubator Skystar Ventures berlokasi di lantai 11, New Media Tower Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada (06/09/2019).

Menkominfo Rudiantara di sela-sela peresmian menyampaikan universitas harus menjadi inkubator dan akselerator tumbuhnya startup.

Baca juga: Temu Bisnis Skystar Ventures Incubator UMN Dukung Mahasiswa Berinovasi

"Salah satu ekosistem tumbuhnya startup adalah universitas atau perguruan tinggi. Ini menjadi kunci pertumbuhan ekonomi digital. Universitas dapat menjadi inkubator dan akselerator (bagi startup)," ujar Menkominfo.

Ia menambahkan startup menjadi model bisnis masa depan yang mencerminkan gerakan koperasi, bukan hanya korporasi. " Startup memikirkan kolaborasi dengan memanfaatkan ekosistem. Korporasi pendekatan pada kuat-kuatan modal sedangkan startup lebih kepada kerja sama memanfaatkan ekosistem."

Coworking space harus menjadi tempat yang cocok untuk startup berkembang dan mengeksplor ide-ide kreatif. Tentunya harus didukung dengan kapasitas internet yang stabil dan kencang serta jaringan kerjasama yang luas," tambah Menteri Rudiantara saat berkeliling di area coworking space Skystar Ventures.

Inkubator terakreditasi A

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara didampingi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan perluasan Tech Incubator Skystar Ventures yang berlokasi di lantai 11, New Media Tower Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada (06/09/2019).DOK. KOMPAS.com/YOHANES ENGGAR Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara didampingi Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meresmikan perluasan Tech Incubator Skystar Ventures yang berlokasi di lantai 11, New Media Tower Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada (06/09/2019).

Sebelumnya, Tech Incubator Skystar Ventures juga telah mendapatkan Akreditasi Inkubator dengan Klasifikasi A dari Kemenristekdikti dan Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI).

"Tech Incubator Skystar Ventures UMN menjadi satu-satunya perguruan swasta yang meraih akreditasi A ini. Ini menjadi penyemangat UMN untuk terus menjadikampus yang dinamis dan juga berfokus dalam pengembangan ekosistem startup di Indonesia," ujar Nike Putri, PR  Skystar Ventures UMN melalui rilis resmi.

Pada peresmian ini, Menkominfo beserta Bupati Tangerang turut berkeliling ke area perluasan Skystar Ventures untuk melihat fasilitas seperti ruang meeting, ruang kegiatan terbuka, kantor perusahaan rintisan, ruang game, serta private-chat room.

Dengan adanya perluasan ini, Skystar Ventures merambah menjadi tiga lantai dengan lebih dari 20 ruang kerja yang dapat digunakan sebagai coworking office space.

Saat ini Skystar Ventures telah menjalankan 6 batch program inkubasi dengan total lulusan mencapai 20 startup berfokus pada pengembangan produk digital di antaranya; Walibu, Social Designee, Sutike Funeral Care, Dreambox Branding Consultant, dan masih banyak lagi. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X