Perkuat Kompetensi Komputasi, Mikrotik-APJII Gelar Olimpiade Jaringan SMK

Kompas.com - 10/09/2019, 20:15 WIB
Babak penyisihan Olimpiade Jaringan Mikrotik APJII 2019 regional DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, di Ruang Seminar Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Senin, 9 September 2019. DOK. OLIMPIADE JARINGAN MIKROTIK-APJIIBabak penyisihan Olimpiade Jaringan Mikrotik APJII 2019 regional DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, di Ruang Seminar Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Senin, 9 September 2019.

KOMPAS.com - " Olimpiade Jaringan Mikrotik APJII 2019" telah memasuki babak penyisihan. Untuk daerah DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, babak penyisihan dilaksanakan di Ruang Seminar Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Senin, 9 September 2019.

Acara Olimpiade Jaringan Mikrotik merupakan kolaborasi antara Citraweb Nusa Infomedia (Citraweb) dan dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Jaringan Indonesia (APJII) didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kompetisi ini bertujuan mengasah dan mendorong penguasaan ilmu jaringan siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) di Indonesia, khususnya SMK yang memiliki jurusan Teknis Komputer dan Jaringan (TKJ).

Kemampuan mengelola jaringan ini adalah salah satu kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja, seiring dengan hampir semua jenis perusahaan bermigrasi menggunakan sistem komputerisasi dan jaringan.

Diikuti 64 tim

Ratusan peserta telah mendaftar ulang sejak pukul 08.00 WIB dan peserta memasuki ruangan untuk mengikuti tes tertulis. Dari total 65 tim yang terdaftar, 64 tim ikut bertanding memperebutkan tempat untuk melaju di final di Bali.

Baca juga: Siswa SMK di Banyumas Ciptakan Mobil Listrik Tenaga Surya, Melaju hingga 40 Km Per Jam

Dari 64 tim, sembilan tim lolos masuk di babak cerdas cermat. Mereka adalah: (1) SMK Telkom Purwokerto, (2) SMK Negeri 7 Semarang, (3) SMK Negeri 3 Jepara, (4) SMK Negeri 2 Yogyakarta, (5) SMK Negeri 1 Seyegan, (6) SMK Negeri 2 Depok, (7) SMK Roudlotul Mubtadiin Jepara, (8) SMK IT Ihsanul Fikri, dan (9) SMK Negeri 1 Sewon.

Dari penyisihan yang berlangsung seru dan alot, tiga pemenang lolos ke babak final yang akan diadakan pada bulan Oktober 2019 mendatang mewakili DI Yogyakarta dan Jawa Tengah di babak final tersebut melawan 22 tim lain:

  • SMK Negeri 3 Jepara
  • SMK Negeri 1 Seyegan
  • SMK IT Ihsanul Fikri 

Kota tujuan babak penyisihan berikut adalah Padang, tanggal 12 September 2019. Penyisihan akan dilaksanakan di Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat.

Antusiasme peserta

Jamalul Izza, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyampaikan antusiasme untuk Olimpiade Jaringan Mikrotik APJII sangat baik. Dengan dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, penyelenggaraan kali keempat ini bertambah.

Salah satunya dibuktikan dengan ketatnya babak penyisihan untuk regional Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X