Film "Habibie dan Ainun", Inspirasi Membangun Manusia Indonesia lewat Pendidikan

Kompas.com - 11/09/2019, 20:22 WIB
Repro foto BJ Habibie dan Hasri Ainun Besari yang dipamerkan di acara Habibie Festival di Museum Nasional, Jakarta, Kamis (11/8/2016). Kompas/Wisnu NugrohoRepro foto BJ Habibie dan Hasri Ainun Besari yang dipamerkan di acara Habibie Festival di Museum Nasional, Jakarta, Kamis (11/8/2016).

KOMPAS.com - Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya.

"Dengan sangat berat, mengucapkan, ayah saya Bacharudin Jusuf Habibie, Presiden ke-3 RI, meninggal dunia jam 18.05 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019). Thareq mengatakan, sang ayah meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Sebelum meninggal, keluarga dekat sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto, tempat Habibie dirawat. Diketahui, Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019. 

Kisah perjalanan BJ Habibie pernah diangkat melalui film yang sukses pada masanya "Habibie dan Ainun" yang dirilis pada 30 Juni 2016. Sutradara Hanung Bramantyo mengangkat kisah masa muda sang visioner Rudy Habibie sebelum dia di kenal sebagai teknokrat dan presiden Republik Indonesia ke-3, BJ. Habibie.

Waralaba tersebut dimulai dengan film Habibie & Ainun, prekuel Rudy Habibie, dan akan disusul dengan Habibie & Ainun 3, Rudy Habibie 2, Habibie & Ainun 4 dan Cinta antara Praha dan Bandung.

BJ Habibie jadi teladan

Dilansir dari laman resmi Kemendikbud, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) kala itu Anies Baswedan memberikan pandangannya tentang Film ‘Rudy Habibie’ yang diluncurkan 25 Juni 2016 menandai ulang tahun ke-80 Presiden RI ketiga BJ Habibie.

Baca juga: BJ Habibie: Anak Indonesia Sekarang Harus Lebih Hebat dari Habibie...

Film Rudy Habibie yang mengisahkan masa muda BJ Habibie ini benar-benar penuh inspirasi, bagaimana melalui pendidikan membangun karakter manusia Indonesia, baik karakter kinerja maupun karakter moral, di mana Pak Habibie atau Rudy Habibie menjadi role model.

"Rudy Habibie juga bukti bahwa siapa saja bisa punya kesempatan yang sama memperoleh pendidikan di luar negeri untuk membangun masa depan Indonesia. Pendidikan membuka jendela kesempatan yang sama bagi anak Indonesia meraih masa depan mereka," ujar Anies.

Bagi anak-anak muda, film ini makin menambah optimisme dan membuktikan bahwa manusia Indonesia bisa menjadi yang terbaik dalam teknologi, atau ilmu pengetahuan dan berperan penting dalam percaturan dunia, sejajar bahkan unggul berhadapan dengan bangsa-bangsa lain.

3 inspirasi film "Habibie & Ainun"

1. Film yang mengisahkan masa muda BJ Habibie ini benar-benar penuh inspirasi, bagaimana melalui pendidikan membangun karakter manusia Indonesia, baik karakter kinerja maupun karakter moral, di mana Pak Habibie atau Rudy Habibie menjadi role model.

2. BJ Habibie juga bukti bahwa siapa saja bisa punya kesempatan yang sama memperoleh pendidikan di luar negeri untuk membangun masa depan Indonesia. Pendidikan membuka jendela kesempatan yang sama bagi anak Indonesia meraih masa depan mereka.

3. Bagi anak-anak muda, film ini makin menambah optimisme dan membuktikan bahwa manusia Indonesia bisa menjadi yang terbaik dalam teknologi, atau ilmu pengetahuan dan berperan penting dalam percaturan dunia, sejajar bahkan unggul berhadapan dengan bangsa-bangsa lain.

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X