Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BJ Habibie, Orang Asia Pertama Penerima Penghargaan Penerbangan Sipil Internasional

Kompas.com - 12/09/2019, 11:53 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sudah banyak orang tahu Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan tokoh Indonesia yang dikenal di dunia internasional karena keahliannya di bidang teknik, khususnya teknologi dirgantara.

Telah begitu banyak karya dihasilkan dan hak paten dibuat dalam dunia kedirgantaraan yang mencatatkan nama BJ Habibie sebagai penciptanya.

Dari sekian banyak prestasi yang diraih, hanya segelintir orang mengetahui Habibie merupakan orang Asia pertama yang tercatat namanya di kantor pusat Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organization/ICAO) di Montreal, Kanada.

Prestasi itu berhasil dibuat ketika Habibie memperoleh "Edward Warner Award". Tidak sembarang orang bisa mendapatkannya. ICAO memberikan penghargaan itu kepada orang atau organisasi yang dinilai memiliki peran besar dalam industri penerbangan sipil dunia.

Baca juga: BJ Habibie: Anak Indonesia Sekarang Harus Lebih Hebat dari Habibie...

Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (17/12/2015), telah ada 39 penerima penghargaan dalam sejarah pemberian "Edward Warner Award", sedangkan Habibie merupakan penerima penghargaan ke-28 yang diberikan pada 1994.

Dia dianggap layak memperolehnya karena berjasa terhadap kemajuan industri dirgantara di Indonesia dan pengembangan desain pesawat di dunia.

"Pak Habibie memang insinyur hebat yang punya pemikiran yang melampaui zamannya," ujar Atase Perhubungan RI di Kanada dan perwakilan Indonesia di ICAO, Agoes Soebagio, kepada Kompas.com, Rabu (16/12/2015).

Nama BJ Habibie sebagai penerima penghargaan Edward Warner terpajang di Markas ICAO di Montreal, Kanada, Senin (23/11/2015) Bayu Galih/Kompas.com Nama BJ Habibie sebagai penerima penghargaan Edward Warner terpajang di Markas ICAO di Montreal, Kanada, Senin (23/11/2015)

Selain Habibie, ada pula beberapa nama penting dalam sejarah dirgantara yang pernah memperoleh penghargaan serupa, seperti Igor Sikorsky yang merupakan pengembang helikopter.

Nama Charles Lindbergh juga disebutkan dalam deretan penerima penghargaan itu sebagai orang pertama yang melakukan penerbangan tunggal melintasi Atlantik Utara dari New York menuju Paris.

Adapun Edward Werner merupakan seorang perintis dirgantara yang berasal dari Amerika Serikat sekaligus menjadi pendiri ICAO.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com