Kompas.com - 14/09/2019, 10:14 WIB
Ilustrasi ASEAN-Korea Essay Competition DOK. ASEAN-KOREAIlustrasi ASEAN-Korea Essay Competition

KOMPAS.com - Dengan dimulainya kemitraan dialog tahun 1989, ASEAN dan Korea telah menjadi mitra dalam semua aspek mulai dari keamanan, politik, ekonomi dan sosial budaya.

ASEAN menjadi mitra dagang terbesar kedua Korea dan tujuan investasi terbesar ketiga, sementara Korea adalah mitra dagang terbesar kelima ASEAN. ASEAN juga merupakan tujuan luar negeri yang paling banyak dikunjungi oleh orang Korea, dan pertukaran orang-ke-orang antara kedua wilayah telah melampaui 11 juta pada tahun 2018.

Dalam kerangka kerja sama itu, ASEAN-Korea Centre bekerja sama dengan ASEAN University Network (AUN) menyelenggarakan Lomba Menulis Essay bagi mahasiswa S1 maupun pascasarjana yang berada di kawasan ASEAN (termasuk Indonesia) dan juga di Korea Selatan.

Kompetisi ini diadakan untuk berbagi perspektif dan pengetahuan mengenai hubungan ASEAN dan ASEAN-Korea dan didukung Pukyoung National University Global Area Studies Center, Diplomatic Academy of Vietnam, ASEAN Secretariat, dan ROK Ministry of Foreign Affairs.

Cakupan hadiah

Hadiah akan diberikan untuk 10 pemenang dari negara ASEAN (1 pemenang dari masingmasing negara) dan 5 pemenang dari negara Korea Selatan, meliputi:

Baca juga: Lomba Matematika Online Nasional Eduversal, Total Hadiah Rp 126 Juta

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Para pemenang akan diundang mengikuti workshop akademi untuk mempresentasikan essay yang telah dibuat.

2. Studi trip ke ASEAN dan Korea (4 hari 5 malam)

  • Studi Trip ke Korea: Kunjungan ke ASEAN-Korea Centre, universitas, institusi riset dan situs budaya di Korea Selatan.
  • Studi Trip ke ASEAN: Kunjungan ke universitas, institusi riset, dan situs budaya di Vietnam.

3. Seluruh biaya perjalanan akan ditanggung oleh pihak ASEAN-Korea Centre

Pilihan tema

1. ASEAN and Korea in the Emerging Indo-Pacific

With 65% of the world population and over 60% of global GDP, the Indo-Pacific has come into the limelight as it has also become a main theatre of China’s Belt and Road Initiative and the United States’ free and open Indo-Pacific strategy. As regional entities, ASEAN and Korea share the regional outlook which naturally leads them for cooperation. In what ways can ASEAN and Korea increase their cooperation to navigate through the tides of the emerging Indo- Pacific?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.