10 Universitas Terbaik di Dunia 2020 Versi Times Higher Education

Kompas.com - 17/09/2019, 07:00 WIB
Ilustrasi University of Oxford. Dok. Times Higher EducationIlustrasi University of Oxford.

KOMPAS.com – Times Higher Education (THE) kembali merilis daftar peringkat universitas terbaik di dunia atau World University Rankings 2020.

Dalam pemeringkatan itu, sejumlah universitas di Inggris mengalami penurunan karena adanya kesenjangan pendanaan antara berbagai sektor dan cakupan sistem pendidikan tinggi yang semakin meluas.

Meski demikian, University of Oxford tetap menduduki peringkat teratas pada 2020 selama empat tahun berturut-turut.

Jepang perkuat dominasi

Sementara University of Cambridge, Imperial College London, UCL, London School of Economics and Political Science, dan University of Edinburgh menjadi universitas berperingkat tertinggi berikutnya di Inggris. Namun, semuanya mengalami penurunan satu peringkat.

Baca juga: 16 Universitas Terbaik DKI Jakarta 2019 Raih Penghargaan LLDikti, Siapa Saja?

Secara keseluruhan, sebanyak 18 dari 28 perguruan tinggi di Inggris yang berada di peringkat 200 teratas telah menurun posisinya sejak tahun lalu.

Adapun Jepang memperkuat dominasinya terhadap Inggris dalam hal keterwakilan. Hal itu ditunjukkan dari yang tadinya hanya 5 kini menjadi 10 universitas. Jumlah itu menunjukkan pengambilalihan dominasi Inggris sebagai negara yang paling terwakili di dunia.

Secara keseluruhan, saat ini Inggris memiliki 100 universitas yang masuk dalam peringkat dunia, sedangkan Jepang mempunyai 110 universitas.

10 universitas terbaik dunia

Berikut ini daftar 10 universitas terbaik di dunia versi THE 2020:

1. University of Oxford, Inggris (tahun lalu peringkat 1)

2. California Institute of Technology, Amerika Serikat (tahun lalu peringkat 5)

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X