"Wajah Baru" Kanal Edukasi Kompas.com, Kian Cerdaskan Kehidupan Bangsa

Kompas.com - 17/09/2019, 17:08 WIB
Laman Baru Kompas.com DOK. KOMPAS.comLaman Baru Kompas.com

KOMPAS.com - Tidak banyak media utama daring memiliki kanal khusus pendidikan. Bahkan banyak di antaranya kemudian tutup atau melebur bersama kanal lain lantaran minim pembaca.

Sebaliknya, kanal edukasi Kompas.com kian tahun justru kian menarik dan dilirik banyak pembaca. Hal ini dibuktikan dalam ulang tahun Kompas.com ke-24, kanal edukasi Kompas.com memperkuat posisinya dengan tampilan lebih muda, segar dan energik. 

Kompas.com juga menjadi satu dari sedikit media online mainstream yang secara khusus dan konsisten menyajikan rubrik pendidikan kepada pembaca.

Komitmen dan konsistensi

" Kanal edukasi kita sediakan sebagai sarana untuk mewujudkan misi dan visi Kompas sendiri: mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan pendidikan, dalam hal ini kanal edukasi adalah sarana bagi kami untuk menyediakan layanan informasi terkait pendidikan kepada pembaca Kompas," jelas Wisnu Nugroho, Pemimpin Redaksi Kompas.com.

Salah satu pembeda "wajah baru" kanal edukasi dibanding tampilan lama adalah desain grafis yang telihat lebih 'milenial' dan dukungan platform video guna mengakomodasi pembaca baru kanal edukasi Kompas.com: generasi "milenial" dan generasi "Z".

Baca juga: Ulang Tahun Kompas.com, Hari Ini 24 Tahun Lalu

Pemred Kompas.com mengatakan transformasi ini dilakukan guna menjawab perubahan yang kian cepat dan terjadi di berbagai bidang, termasuk pendidikan.

Wisnu menyampaikan, "Ini bagian dari perubahan yang terus terjadi di manapun juga terkait dengan tampilan dari (kanal) edukasi Kompas.com yang lebih segar, lebih ringan dan lebih mendekat kepada audiens. Perubahan ini akan terus kami lakukan sesuai dengan kebutuhan." 

Berbagi inspirasi dan praktik baik

Bagi Kompas.com, menyajikan kanal edukasi tidak hanya menghadirkan konten-konten informatif "5W1H" (apa, siapa, mengapa, kapan, dimana dan bagaimana) saja.

Lebih dari itu, kanal edukasi juga menjadi sarana untuk membangun sebuah ekosistem pendidikan di mana seluruh pemangku kepentingan di dalamnya dapat saling berbagi praktik baik pendidikan dan juga berbagi inspirasi.

Oleh karena itu, tidak hanya perubahan 'tampilan wajah', transformasi kanal pendidikan Kompas.com juga diikuti dengan penambahan berbagai fitur dan subrubrik baru dalam platform edukasi.

Fitur dan subrubrik dalam kanal edukasi Kompas.com terdiri atas;

Diharapkan dengan perubahan platform ini akan dapat memberikan informasi dan inspirai lebih lengkap tentang tren dan perkembangan dalam dunia pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi.

"Dengan perubahan yang kami sedang lakukan, kami berharap lebih mudah dan lebih relevan kepada pembaca sehingga misi utama kami sebagai media yang mencerdaskan kehidupan bangsa bisa terwujud," tutup Pemred Kompas.com

Penasaran dengan wajah baru kanal edukasi Kompas.com? Silakan lanjut ke tautan ini: https://edukasi.kompas.com

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X