Kerja Sama dengan IPB, Yamaoka Scholarship Tambah Penerima Beasiswa

Kompas.com - 21/09/2019, 22:05 WIB
Pemberian beasiswa Yamaoka Scholarship Foundation untuk mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Dok. Yanmar Co, LtdPemberian beasiswa Yamaoka Scholarship Foundation untuk mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB).


KOMPAS.com – Program beasiswa Yamaoka Scholarship Foundation yang didukung penuh oleh Yanmar Co, Ltd kembali melakukan ekspansi program beasiswa untuk mahasiswa di Indonesia dengan menggandeng perguruan tinggi baru, yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB).

Sebelumnya kerja sama telah dilakukan dengan Universitas Darma Persada Indonesia (Unsada). Penyerahan beasiswa tersebut diadakan pada 14 September 2019 di Jakarta.

Bergabungnya IPB dalam program beasiswa pada tahun ini menjadikan jumlah peserta penerima beasiswa menjadi 15 orang. Ke-15 penerima beasiswa tersebut terdiri dari 5 orang penerima pada tahun sebelumnya dari Unsada dan 10 orang penerima beasiswa tahun 2019.

60 tahun Indonesia- Jepang

Ke-10 penerima beasiswa tahun 2019 itu dibagi menjadi 5 orang penerima dari Unsada dan 5 orang penerima dari IPB. Para penerima baru beasiswa itu merupakan mahasiswa tingkat III pada tahun akademik 2019. Beasiswa tersebut diberikan selama 2 tahun berupa uang Rp 1 juta setiap bulan.

Baca juga: Dapatkan Beasiswa Pendidikan Rp 200 Juta bagi Siswa SMA Jabodetabek!

“Sebagai bagian dari Yanmar, kami bangga bisa membantu calon-calon generasi yang akan memimpin perkembangan pertanian masa depan di Indonesia. Kami berharap beasiswa ini membantu mereka terus berprestasi dalam menempuh perkuliahan mereka di universitas masing-masing,” ujar Direktur Eksekutif Yamaoka Scholarship Foundation Nobuyoshi Fujita dalam keterangan tertulis.

Pemberian bantuan beasiswa Yamaoka Foundation untuk universitas di Indonesia diawali pada peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Jepang tahun 2018 dan berencana membentuk sistem pendukung untuk universitas di Indonesia.

Yamaoka Scholarship Foundation dibentuk oleh Magokichi Yamaoka, pendiri dari Yanmar Co, Ltd menggunakan aset pribadinya. Di Jepang, Yamaoka Scholarship Foundation menyediakan dan mengelola beasiswa untuk tingkat SMA, pasca-sarjana, dan mahasiswa asing yang terlibat dalam penelitian tentang pengetahuan alam.

Beasiswa akademik

Program beasiswa ini juga telah aktif di Asia Tenggara sejak 2013. Di Indonesia, program ini menawarkan beasiswa akademik untuk siswa SMP di Jakarta dan Surabaya yang menekuni dan berprestasi di bidang sepak bola dengan syarat masih aktif menjadi siswa di sekolah masing-masing.

Pada masa mendatang, Yamaoka Scholarship Foundation akan memperluas programnya untuk universitas di Indonesia dan bekerja membina generasi selanjutnya di dalam ataupun di luar Jepang.

Presiden Direktur PT Yanmar Diesel Indonesia Kai Yasuda mengatakan, pihaknya merasa senang bisa meningkatkan jumlah penerima beasiswa seperti yang telah dijanjikan pada tahun lalu.

“Melalui kerja sama dengan IPB dan Unsada pada tahun ini, jumlah penerima beasiswa tahun 2020 akan menjadi 20 mahasiswa. Kami berharap kegiatan ini dapat berkontribusi terhadap realisasi masyarakat yang sejahtera, terutama di Indonesia,” ucap Kai Yasuda.

Dia pun berharap para mahasiswa penerima beasiswa ini mampu semakin berprestasi ke depan dan mengembangkan diri mereka ke dunia yang lebih luas.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X