Metode Tepat Belajar Bahasa Inggris di Usia Emas Anak

Kompas.com - 22/09/2019, 22:36 WIB
Diskusi yang diadakan I Can Read bersama awak media dan digelar di Jakarta (19/9/2019) mengangkat tema Equipping Children in The Rest of Their Lives. DOK. KOMPAS.com/YOHANES ENGGARDiskusi yang diadakan I Can Read bersama awak media dan digelar di Jakarta (19/9/2019) mengangkat tema Equipping Children in The Rest of Their Lives.

KOMPAS.com - Kemahiran berbahasa Inggris menjadi salah satu faktor penting agar dapat bersaing di era global dan digital saat ini.Kini telah banyak orangtua menyadari pentingnya keterampilan ini terutama pada masa golden age, 2-5 tahun.

Hal ini mengemuka dalam diskusi yang diadakan I Can Read bersama awak media dan digelar di Jakarta (19/9/2019) mengangkat tema "Equipping Children in The Rest of Their Lives".

Acara menghadirkan beberap pembicara di antaranya; Achsinfina Sinta (konsultan psikolog pendidikan), Afan Suryadi (Managing Director I Can Read Indonesia) dan Mateo Rafe Winarta, (alumni I Can Read dan siswa berprestasi Binus School Serpong).

"Usia Emas" dipandang merupakan kondisi ideal di mana anak sedang dalam kondisi optimal dalam menyerap informasi dan keterampilan baru, khususnya dalam keterampilan berbahasa Inggris.

Metode belajar tepat

Selain usia ideal, metode pembelajaran pun turut menjadi kunci kesuksesan dalam pembelajaran bahasa Inggris sejak dini. Penggunaan teknik dan metode tepat akan berpengaruh secara signifikan dalam proses belajar anak, termasuk di masa Golden Age.

Baca juga: Indonesia Peringkat 51 Kecakapan Bahasa Inggris, Teknologi Dapat Jadi Solusi Atasinya

Hal ini disampaikan oleh psikolog pendidikan Achsinfina Sinta, “Setiap anak punya gaya belajar dan kemampuan menerima keterampilan baru yang berbeda-beda. Maka dari itu metode pembelajaran yang tepat akan secara signifikan mempengaruhi kesuksesan anak dalam memahami keterampilan baru, khususnya bahasa Inggris"

Sinta menjelaskan, "Tahap pembelajaran bahasa Inggris terbaik untuk anak pada masa ini adalah reading, yang kemudian berlanjut ke tahap lainnya yaitu listening, speaking, dan writing. Maka dari itu pondasi reading yang kuat akan menjadi aset yang sangat bermanfaat untuk tahap selanjutnya,” jelas Sinta.

Itu sebabnya, program belajar di I Can Read dimulai sejak usia 2.5 sampai 16 tahun. Lembaga pendidikan bahasa Inggris ini secara unik menggabungkan berbagai gaya belajar seperti auditori, visual, dan kinestetik yang membantu anak belajar secara efektif dan efisien, yang dapat mempermudah dan mempercepat anak mahir bahasa Inggris.

Metode khas ini mengajarkan anak dengan teknik pelafalan, sehingga anak dapat membaca kata secara tepat bahkan untuk kata yang belum dikenal sebelumnya, dirancang sedemikian rupa sehingga keterampilan akan tertanam dalam ingatan jangka panjang anak.

Keterampilan fonologis

Afan Suryadi, Managing Director I Can Read Indonesia mengungkapkan I Can Read berbeda dibandingkan kursus bahasa Inggris lainnya dikarenakan metode digunakan dipandang efektif dan efisien dapat mempermudah dan mempercepat anak dalam mempelajari bahasa Inggris.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X