Wujudkan SDM Unggul, Kemenristekdikti Kerja Sama dengan UChicago

Kompas.com - 23/09/2019, 12:39 WIB
Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Kemenristekdikti dan University of Chicago (UChicago), Amerika Serikat. Dok. KemenristekdiktiPenandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Kemenristekdikti dan University of Chicago (UChicago), Amerika Serikat.


KOMPAS.com – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi ( Kemenristekdikti) ingin mengambil peran penting dalam pembangunan generasi muda Indonesia sebagai tulang punggung bangsa.

Sebab, Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul, Indonesia Maju adalah salah satu visi Indonesia dalam pembangunan tahap berikutnya pada 2019-2024.

Salah satu usaha mewujudkan hal itu, Kemenristekdikti bekerja sama dengan University of Chicago (UChicago), Amerika Serikat, melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU).

Tujuannya untuk memperkaya pengetahuan dan riset dari para calon doktor muda Indonesia melalui program Garuda Academic of Excellence (Garuda ACE).

Kolaborasi riset dan pembelajaran

Penandatanganan MoU itu dilakukan Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na'im dan President UChicago Robert J Zimmer, dengan disaksikan Menristekdikti Mohamad Nasir.

Baca juga: Kemenristekdikti Gelar Pameran Teknologi dan Inovasi Anak Negeri

Garuda ACE merupakan program capacity building selama dua tahun untuk murid-murid Indonesia, baik dosen, peneliti, maupun profesional muda, yang akan mendapatkan bimbingan langsung dari para profesor dan peneliti di Uchicago.

Dengan begitu, diharapkan mereka bisa mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) dalam program PhD di UChicago atau di universitas terkemuka lainnya karena sebelumnya telah memperoleh bimbingan intensif.

Adapun kerja sama Kemenristekdikti dengan UChicago ini meliputi tiga hal, yaitu:

1. Program kolaborasi pendidikan dengan perguruan tinggi di Indonesia.

2. Program riset, pembelajaran, dan pengajaran.

3. Program lain pada masa yang akan datang sesuai dengan minat bersama.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X