Bicara Kolaborasi Lintas Generasi dengan Mahasiswa Pemenang "Hackaton Tokopedia 2019"

Kompas.com - 24/09/2019, 15:40 WIB
Artpedia, aplikasi pemenang pertama Hackaton Devcamp Tokopedia 2019 yang digelar pada 26-31 Agustus 2019. DOK. TOKOPEDIAArtpedia, aplikasi pemenang pertama Hackaton Devcamp Tokopedia 2019 yang digelar pada 26-31 Agustus 2019.

KOMPAS.comTokopedia kembali menggelar pelatihan bagi para developer muda yang berminat dibidang Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) pada 26-31 Agustus 2019.

Dion Saputra (Institut Teknologi Bandung), Ridwan Afwan Karim Fauzi (Universitas Gadjah Mada), dan Azzam Jihad Ulhaq (Institut Teknologi Sepuluh November) berhasil menjadi pemenang pertama "Hackaton Devcamp 2019".

"Artpedia" dinilai berhasil menjawab permasalahan yang ada di masyarakat luas menggunakan teknologi yang sedang berkembang saat ini.

"Artpedia" sendiri merupakan aplikasi jual beli karya seni berbasis digital yang mempertemukan seniman dan penikmat seni. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi titik tengah antara seniman yang ingin mengekspos karya seni dengan penikmat seni yang ingin membeli karya tersebut tanpa harus datang ke galeri.

Titik temu seniman dan kolektor

Dengan maksud memberikan pengalaman lebih nyata bagi kolektor, tim "Artpedia" menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) di mana pembeli dapat melihat sendiri bagaimana lukisan tersebut akan ditaruh.

Baca juga: Kolaborasi Syarat Mutlak Percepatan Penguatan SDM Nasional

Fitur lain, Artpedia juga mempunyai fitur discovery di mana para kolektor dapat memotret sebuah karya seni untuk mengetahui siapa pelukis dibalik lukisan tersebut.

Ide "Artpedia" ini berawal dari Ridwan yang melihat pameran seni di Jogja, "Artjog". Dari sana, ia melihat "Artjog" sangat monumental dan membuktikan banyak masyarakat Indonesia tertarik pada dunia seni, namun malu atau bahkan terintimidasi untuk datang ke galeri.

Walaupun terbuka untuk umum, menurut Azzam, untuk datang ke galeri memerlukan keberanian tersendiri.

Selain itu, aplikasi ini memberikan kesempatan bagi para seniman, khususnya yang belum mendapatkan tempat di galeri, dapat memamerkan hasil karya dan meninggalkan jejak digital di "Artpedia".

Ridwan berpendapat bahwa masih banyak seniman-seniman muda yang belum punya keberanian dan tempat layak untuk unjuk gigi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X