Kompas.com - 26/09/2019, 10:14 WIB
Siswa STM ikut turun ke jalan membantu mahasiswa yang melakukan aksi demo penolakan sejumlah RUU di Gedung DPR, Selasa (24/9/2019). Andri PrasetiyoSiswa STM ikut turun ke jalan membantu mahasiswa yang melakukan aksi demo penolakan sejumlah RUU di Gedung DPR, Selasa (24/9/2019).

KOMPAS.com - Ombudsman RI menyampaikan bahwa pemerintah wajib mengusut tuntas mengenai keterlibatan para siswa SMK dalam yang ikut turun ke jalan membantu mahasiswa dalam demonstrasi penolakan sejumlah Rancangan Undang-Undang (RUU) di depan Gedung DPR pada dua hari terakhir.

“Keterlibatan siswa SMK dalam peristiwa tersebut wajib diusut tuntas. Konteksnya dalam perlindungan anak,” kata Kepala Keasistenan 7 Ombudsman RI, Ahmad Sobirin, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (25/9/2019).

Untuk diketahui, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak mengatur mengenai keterlibatan anak yang belum berusia 18 tahun dalam kegiatan tertentu, termasuk aksi unjuk rasa.

Baca juga: Demo Pelajar Berujung Rusuh, Mendikbud: Jangan Gampang Terprovokasi

Terkait hal itu, Sobirin menyatakan prihatin terhadap keterlibatan para siswa SMK yang ikut melakukan demonstrasi dengan turun ke jalan. Diduga mereka melakukan aksi tersebut setelah menerima pesan ajakan melalui media sosial.

Dia pun mengimbau kepada sejumlah aparatur pendidikan dan pemerintahan supaya segera melakukan tindakan perlindungan secara konkret untuk mencegah terjadinya korban.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kepada Kemendikbud, Kadisdik DKI, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi, agar mengambil langkah untuk melindungi anak-anak tersebut karena berpotensi chaos dan untuk menghindari jatuh korban pada anak,” ujar Sobirin. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.