DQLab
Komunitas data scientist

Komunitas praktisi dan industri dalam program belajar data science oleh DQLab (dqlab.id).

Ini Dia, 4 Tips Sukses Jadi Data Scientist Bergaji Fantastis!

Kompas.com - 28/09/2019, 14:44 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

KOMPAS.com - Di era Industri 4.0 yang terkait erat dengan mahadata (bigdata) dan IoT (Internet of Things), profesi data scientist menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diburu perusahaan.

Namun untuk bisa masuk dalam kualifikasi dan direkrut perusahaan bergengsi bukan suatu hal mudah. Persaingan bidang ini juga semakin ketat dan perusahaan kian menuntut kompetensi bidang ini juga semakin tinggi.

Namun jangan keburu berkecil hati. Jika kamu tertarik berkarir di bidang data, baik untuk perusahaan bergengsi atau startup, kamu bisa belajar dari tips yang diberikan Suberlin Sinaga, AR Supervisor yang kini beralih menjadi Data Scientist Specialist di Amartha Fintech Lending.

Dalam meningkatkan kemampuannya, Suberlin yang pekerjaan sehari-harinya merekap data penjualan dan pelanggan di perusahaan distribusi, semula hanya mengandalkan program excel sederhana.

Namun, ia sadar kalau excel saja masih masih belum cukup. Untuk dapat mendukung pekerjaannya tersebut, Suberlin kemudian mulai mencoba belajar analisa data dan mengikuti kursus pengolahan data di DQLab.id. 

Berikut 4 tips diberikan Suberlin jika kamu ingin menjadi data scientist sukses:

1. Jiwa "kepo" tinggi

Selain mencoba kursus pengolahan data, Suberlin juga tidak putus asa untuk terus mencari referensi guna mendukung kegiatan belajarnya.

Semua ia lakukan secara otodidak dengan mengandalkan internet. Satu pesan dari Suberlin yang mungkin dapat memotivasi kita adalah, “Semua bahan pembelajaran, tutorial, dan tips sebenarnya sudah ada di internet. Tinggal kita saja yang mau "kepo", keingintahuan  untuk mempelajarinya atau tidak."

2. Gabung komunitas

Belajar dari internet bukan berati kamu harus belajar sendirian. Bergabunglah dengan komunitas yang aktif dan saling berbagi ilmu sehingga dapat meningkatkan semangat belajarmu. S

ama halnya saat Suberlin belajar data science online di DQLab. Ia merasa terbantu dengan bantuan jawaban dari teman di komunitas serta termotivasi dari aktivitas belajar para anggota komunitas lain.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.