Minuman Kesehatan Inovatif Antar Mahasiswa Medan Raih Penghargaan di Malaysia

Kompas.com - 08/10/2019, 20:29 WIB
Lima mahasiswa dari tiga universitas mendapatkan berhasil mendapatkan medali emas di ajang World Invention Competition and Exhibition di Malaysia. Tribunnews/IstimewaLima mahasiswa dari tiga universitas mendapatkan berhasil mendapatkan medali emas di ajang World Invention Competition and Exhibition di Malaysia.

KOMPAS.com – Sekelompok mahasiswa dari tiga universitas di Medan, Sumatera Utara, berhasil memperoleh penghargaan dalam dua kategori pada ajang World Invention Competition and Exhibition di Malaysia.

Para mahasiswa yang terdiri dari lima orang dan tergabung dalam komunitas Rumah Internet itu berhasil membuat inovasi produk minuman kesehatan yang diberi nama Soifera.

Kelima mahasiswa itu yakni Aflah Fajari dari Universitas Sumatera Utara (USU), Nurlina Maharani dan Yurid Audina dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), serta Rafika Utami dan Fanny Fashiri dari Universitas Negeri Medan (Unimed).

“Alhamdulillah tim kami dapat kategori Gold Medal dan Malaysia Young Scientists Organization dari ajang tersebut,” ucap Nurlina Maharani, seperti dilansir Tribun Medan, Senin (7/10/2019).

Baca juga: Ini Dia, Daftar Jawara Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia 2019

Ia mengatakan, mereka berasal dari jurusan yang berbeda-beda, yaitu dari Pertanian, Pendidikan Kimia, Matematika Murni, dan Pendidikan Bahasa Inggris. Meskipun demikian, mereka tidak mengalami kendala di antara sesama anggota.

Dalam kompetisi tersebut, Nurlina menuturkan, kelompoknya harus bersaing dengan peserta lain dari berbagai negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Inggris, Vietnam, Thailand, Turki, dan Korea Selatan.

Para jurinya pun berasal dari negara-negara tersebut. Adapun jumlah pesertanya secara keseluruhan mencapai 251 partisipan.

Mengenai inovasi produk minuman kesehatan yang dibuat, ia menjelaskan, Soifera merupakan sejenis bubuk penambah nutrisi dan gizi dari minuman yang salah satu bahannya yaitu kecambah sorgum.

“Manfaat dari Soifera ini cukup banyak, selain sorgum itu produk lokal Indonesia yang pemanfaatannya belum banyak dilakukan masyarakat, sorgum juga memiliki karbohidrat dan kalsium yang tinggi,” papar Nurlina.

Ia menambahkan, Soifera pun bermanfaat sebagai pengganti susu hewani menjadi nabati, memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari, rendah lemak, dan sebagai anti-oksidan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X