Jelang Pendaftaran CPNS, Ikuti Latihan Simulasi SKD Hanya di Sini

Kompas.com - 15/10/2019, 08:36 WIB
Pelaksanaan seleksi CPNS pada 2017. KOMPAS/TOTOK WIJAYANTOPelaksanaan seleksi CPNS pada 2017.

KOMPAS.com - Jelang dibukanya pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) tahun 2019, Kepala Sub Bidang Pengelolaan Aplikasi Sistem Seleksi BKN, Efni Surayadi mengajak masyarakat kembali memanfaatkan aplikasi resmi milik pemerintah untuk berlatih soal Seleksi Kompetensi Dasar ( SKD)

Berdasarkan rilis resmi BKN Nomor: 085/RILIS/BKN/X/2019 tertanggal 1 Oktober 2019, total formasi yang akan dibuka sebanyak 197.111, dengan perincian:

  • 37.854 formasi untuk kementerian/lembaga
  • 159.257 formasi untuk daerah

Total formasi tersebut di antaranya termasuk untuk dosen, peneliti dan perekaya.

Namun demikian, Mohammad Ridwan, Kepala Humas BKN melalui rilis resmi tersebut menyampaikan angka tersebut masih dalam tahap finalisasi hingga saat ini.

"Formasi kementerian dan/atau lembaga harus sesuai dengan skema kabinet yang baru pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober mendatang," jelas Ridwan.

Melalui rilis resmi tersebut, Rakornas Kepegawaian juga telah menentukan jadwal rekrutmen CPNS untuk tahun 2019 dengan perkiraan sebagai berikut:

Baca juga: Latihan Soal SKD CPNS 2019 Dibatasi Hanya 1.500 Akses per Hari, Ini Link Resminya

1. Pengumuman rekrutmen CPNS 2019 diperkirakan akan diumumkan pada minggu keempat bulan Oktober 2019.

2. Pendaftaran CPNS akan dilaksanakan bulan November 2019.

3. Proses Seleksi Administrasi pada bulan Desember 2019, dan seterusnya. 

Simulasi soal SKD

Tekait simulasi soal SKD, Efni Surayadi mengatakan selain gratis dan mudah diakses, soal-soal yang ada, resmi dari bank soal BKN.

“Tentu sah-sah saja apabila masyarakat ingin melakukan simulasi soal SKD di banyak tempat. Namun, BKN tidak menjamin kualitasnya. Saat ini BKN hanya memfasilitasi simulasi soal SKD melalui website yang dapat diakses di alamat cat.bkn.go.id,” ujarnya.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X