Kampanye #UbahDenganSuara, Perkuat Kemampuan Komunikasi Guru

Kompas.com - 17/10/2019, 20:14 WIB
Diskusi dalam peluncuran program Listerine #UbahDenganSuara hasil kerja sama PT Johnson & Johnson dengan Indonesia Mengajar, Rabu (16/10/2019) di Jakarta. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEADiskusi dalam peluncuran program Listerine #UbahDenganSuara hasil kerja sama PT Johnson & Johnson dengan Indonesia Mengajar, Rabu (16/10/2019) di Jakarta.

KOMPAS.com – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berusaha terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia lebih baik sehingga Indonesia bisa menjadi negara maju.

Salah satu langkah maju dalam mewujudkan upaya tersebut yaitu dengan mengubah peraturan bagi para guru yang sekarang diwajibkan bekerja selama 40 jam per minggu.

Dalam rentang waktu kerja tersebut, guru melakukan perencanaan pembelajaran, melaksanakan pengajaran tatap muka, memberi penilaian hasil belajar anak didik, membimbing dan melatih, serta melaksanakan tugas tambahan, seperti pembinaan pramuka atau menjadi wali kelas.

Untuk menunjang tugas guru, kemampuan komunikasi menjadi sangat penting karena sesuai aturan, sebanyak 60 persen atau 24 jam dari total jam kerja mingguan harus dialokasikan untuk berkomunikasi langsung dengan siswa.

Guru membuat perubahan

Hal itu menjadi perhatian bagi Indonesia Mengajar sebagai salah satu lembaga swadaya masyarakat bergerak di bidang pendidikan, terutama untuk meningkatkan kemampuan komunikasi guru.

Project Director Business Partnership Unit Indonesia Mengajar (IM) Sidik Eka Hermawan mengatakan, pihaknya berupaya mengajak semua orang untuk terlibat dalam masalah pendidikan karena itu salah satu masalah besar di Indonesia.

Baca juga: Workshop Guru JIS di NTB dan Upaya Mendatangkan Kegembiraan dalam Pembelajaran

“IM mempunyai cita-cita untuk mengajak semua orang terlibat dalam berbagai bentuk, misalnya sebagai pengajar muda dan ikut kegiatan lainnya. Itu sesuai cita-cita yaitu ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Harapanya pada masa yang akan datang semua orang bisa berperan sebagai guru, orang yang bisa membuat perubahan,” jelas Sidik dalam diskusi di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Sejalan dengan itu, Listerine, salah satu produk PT Johnson & Johnson meluncurkan program Cause Related Marketing #UbahDenganSuara. Program ini kelanjutan dari kampanye yang telah dilaksanakan sebelumnya pada awal 2019.

Bekerja sama dengan Indonesia Mengajar, program ini bertujuan meningkatkan kapabilitas guru di Indonesia dengan mengadvokasi mereka menjadi fasilitator yang baik. Fokusnya pada perbaikan kemampuan komunikasi guru di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Meningkatkan keterampilan guru

Nantinya Indonesia Mengajar akan mengadakan pelatihan secara mendalam untuk para guru di Aceh Singkil. Dalam pelatihan itu akan diberikan pengetahuan tentang cara menjadi fasilitator yang baik.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X