Ada 5 Manfaat Jadi "Mahasiswa Kura-kura", Apa Lagi Itu?

Kompas.com - 22/10/2019, 11:18 WIB
Ilustrasi mahasiswa. Dok. Rencanamu.idIlustrasi mahasiswa.

KOMPAS.com – Pernahkah kamu mendengar istilah mahasiswa “kura-kura”? Itu merupakan singkatan dari kuliah-rapat kuliah-rapat. Biasanya mahasiswa ini mengikuti berbagai organisasi, baik di kampus maupun luar kampus. Bahkan dia menduduki posisi penting di organisasi itu.

Kebanyakan orang menganggap mahasiswa kura-kura adalah orang yang sibuk. Hari-harinya dipenuhi dengan jadwal rapat atau aktivitas lain di luar kuliah sehingga sulit baginya untuk bisa berkumpul bersama teman-teman.

Bahkan, ada yang menganggapnya sebagai mahasiswa yang cuma mempunyai sedikit waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah. Itulah yang membuatnya butuh waktu lebih lama untuk lulus kuliah.

Namun, sebenarnya tidak semua anggapan itu benar. Ada juga hal positif yang bisa dipelajari dari seorang mahasiswa kura-kura. Seperti dilansir di Rencanamu.id, berikut ini manfaatnya:

1. Belajar mengatur waktu

Kalau kamu punya aktivitas selain kuliah, misalnya rapat, tentunya kamu akan berusaha mengatur waktu supaya semua kegiatan itu bisa sama-sama berjalan. Tidak hanya itu, kamu juga harus mengatur waktu untuk bisa beristirahat, berkumpul bersama keluarga, dan aktivitas lain.

Baca juga: Kepoin Ranking Universitas Terbaik ASEAN, Peringkat Berapa Indonesia?

Makanya, jangan langsung menilai bahwa mahasiswa kura-kura adalah orang yang sibuk sehingga tidak punya waktu untuk melakukan kegiatan lain. Sebab, dengan sudah terbiasa mengatur waktunya setiap hari, dia bisa mengerjakan banyak hal setiap hari.

2. Punya banyak teman

Seorang mahasiswa yang sibuk dengan kuliah dan mengikuti rapat organinasi di dalam atau di luar kampus, tentu temannya semakin bertambah sehingga punya jaringan yang juga semakin luas.

Itulah salah satu keuntungan jadi mahasiswa kura-kura. Kamu bisa memiliki banyak teman dari berbagai latar belakang. Dengan begitu, kamu bisa mengenal orang dengan beragam karakter dan tahu banyak hal dari mereka.

Tidak menutup kemungkinan juga kamu mendapatkan informasi tentang kesempatan magang, beasiswa, atau lowongan kerja, yang mahasiswa lain belum tentu mengetahuinya.

3. Belajar diskusi

Dari kegiatan kuliah dan rapat yang sering dilakukan setiap hari, tentunya kamu terlibat dalam pembicaraan. Di situlah kamu bisa melatih diri untuk melakukan diskusi, baik saat kuliah maupun dalam rapat organisasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X