Kompas.com - 24/10/2019, 22:04 WIB


KOMPAS.com – Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Klaster Perancangan Departemen Arsitektur FTUI, Ikatan Alumni (Iluni) FTUI, Iluni Arsitektur FTUI, dan FUSI Foundation telah berhasil menyelesaikan pembangunan tiga Sekolah Indonesia Cepat Tanggap (SICT) di Sulawesi Tengah.

Pembangunan itu juga terlaksana atas dukungan dana dari berbagai pihak dan kerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Tadulako, Palu.

SICT merupakan suatu inisiatif untuk membangun infrastruktur pendidikan berupa bangunan sekolah pada berbagai lokasi yang terdampak bencana alam di Indonesia.

Ketiga sekolah tersebut yakni Pondok Pesantren Al-Mubaraq yang berlokasi di Talise, Palu; TK/RA Darul Iman yang berlokasi di Lasoso, Palu; dan TK PKK yang berlokasi di Wisolo, Sigi, yang diresmikan pada 24 dan 25 Oktober 2019.

Pondok Pesantren Al-Mubaraq yang berada di bawah Yayasan Al-Awabbin dan proses pembangunannya didanai oleh PIKK PT PLN Persero diresmikan pada Kamis (24/10/2019).

Pesantren ini terdiri dari enam ruang kelas, empat ruang transisi, satu tribun, dua tempat wudhu, serta beberapa ruang selasar yang menghubungkan semua unit yang ada dengan masjid dan jamban eksisting.

Baca juga: Kunjungi Pengungsi Angin Kencang, Khofifah Minta Sekolah Darurat Didirikan

Pada hari yang sama juga diresmikan TK PKK Wisolo yang proses pembangunannya didanai oleh PT Behn Meyer Chemicals. TK ini terdiri dari dua ruang kelas, satu ruang transisi, dua tribun, serta satu tempat cuci tangan yang melengkapi jamban yang telah ada.

Selain itu, terdapat mural-mural pada berbagai permukaan dinding dan lantai untuk mendukung kegiatan belajar siswa.

TK/RA Darul Iman yang berada di bawah Yayasan Darul Iman dan pembangunannya didanai oleh PT BFI Finance Indonesia, Tbk terdiri dari dua ruang kelas, satu ruang transisi, satu jamban beserta tempat cuci tangan dan unit-unit selasar, serta mural-mural edukatif. Sekolah ini akan diresmikan pada Jumat (25/10/2019).

Inisiatif SICT ini telah digagas sejak pasca-gempa di Lombok dan Sulawesi Tengah pada 2018 di berbagai wilayah yang terkena gempa.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.