"Harian Kompas" Raih Penghargaan Bulan Bahasa dan Sastra Kemendikbud 2019

Kompas.com - 29/10/2019, 16:58 WIB
Sebagian pemenang penghargaan dan lomba dalam puncak peringatan Bulan Bahasa dan Sastra 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan di Jakarta, Senin (28/10/2019). KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEASebagian pemenang penghargaan dan lomba dalam puncak peringatan Bulan Bahasa dan Sastra 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan di Jakarta, Senin (28/10/2019).

KOMPAS.com - Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) menyelenggarakan kembali Bulan Bahasa dan Sastra yang telah digelar sejak 1989.

Perhelatan ini terdiri dari berbagai kegiatan kebahasaan dan kesastraan, baik di pusat maupun di daerah, dengan melibatkan banyak pihak dalam dunia pendidikan, individu dan komunitas pemerhati bahasa dan sastra, lembaga, serta masyarakat umum.

Bulan Bahasa dan Sastra 2019 mengangkat tema “Maju Bahasa dan Sastra, Maju Indonesia”. Tema itu diambil sebagai simbol optimisme bangsa yang akan maju dengan salah satu unsur pendukungnya adalah bahasa dan sastra.

“Puncak acara ini diharapkan mengingatkan bahwa kita mempunyai simbol negara yang hebat, yang dapat menyatukan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke, yaitu bahasa Indonesia sebagai bahasa negara,” ujar Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Dadang Sunendar dalam puncak peringatan Bulan Bahasa dan Sastra 2019 di Jakarta, Senin (28/10/2019).

Baca juga: Saat Jusuf Kalla Terima Cenderamata dari Kompas Berisi Artikel yang Berkesan

Dia menambahkan, ada berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam Bulan Bahasa dan Sastra 2019, bentuknya antara lain perlombaan, perayaan, dan seminar yang berlanngsung di tingkat pusat dan daerah.

“Mungkin lebih dari 100 kegiatan dan hari ini kita bersama-sama mengikuti puncak acaranya. Kami menyerahkan berbagai penghargaan, mulai dari media massa, juara mendongeng untuk disabilitas netra, juga peluncuran buku-buku sastra,” imbuh Dadang.

Berikut ini sejumlah penghargaan yang diberikan dalam puncak peringatan Bulan Bahasa dan Sastra 2019:

Kategori “Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa Cetak Berdedikasi”:

1. Kompas (DKI Jakarta)

2. Koran Tempo (DKI Jakarta)

3. Media Indonesia (DKI Jakarta)

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X