Hadapi Revolusi Industri 4.0, Huawei Siapkan Talenta Teknologi

Kompas.com - 06/11/2019, 16:57 WIB
DOK. KOMPAS.com/YOHANES ENGGAR

KOMPAS.com - Memasuki era Revolusi Industri 4.0, penguasaan teknologi menjadi sebuah keniscayaan dalam mempersiapkan SDM unggul dan berdaya saing. Untuk itu diperlukan sinergi antara dunia pendidikan dan dunia usaha untuk mewujudkannya.

Semangat kolaborasi ini coba diusung Huawei Indonesia melalui ditandatanganinya nota kesepahaman dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di Jakarta (1/11/2019).

Turut hadir dalam kesepakatan tersebut; Ken Qijian (Huawei Indonesia), Didik Suhardi (Sekjen Kemenikbud), dan Niken Widiastuti (Sekjen Kominfo). 

Nota kesepahaman ini terkait penyelenggaraan program pelatihan sumber daya manusia (SDM) di bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK), terutama di kalangan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) di Indonesia.

Melahirkan talenta teknologi

Kerja sama Huawei dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia di bidang pendidikan vokasional ini juga sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia yang tertuang dalam inisiatif strategis nasional: “Making Indonesia 4.0”.

Baca juga: Serikat Guru Dukung Nadiem Makarim Benahi Kurikulum SMK

Strategi nasional ini membutuhkan talenta-talenta dengan kecakapan dan kompetensi TIK yang tepat, yang siap mengantisipasi era baru yang kian kompleks, serba terhubung, penuh dinamika, dan sarat dengan inovasi.

Ken Qijian, Vice President Public Affairs and Communications Huawei Indonesia mengatakan gencarnya transformasi dan dinamisnya pertumbuhan industri TIK global telah mendorong terjadinya lonjakan kebutuhan angkatan kerja berkecakapan tinggi di bidang teknis yang siap mendukung produktivitas industri.

“Namun di sisi lain, kami sebagai pelaku industri masih melihat adanya kesenjangan pada ketersediaan jumlah SDM di bidang TIK, terutama lulusan sekolah menengah, yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri," ujar Ken Qijin.

Pihaknya  berharap kerja sama dengan Kemendikbud ini akan makin memperluas jangkauan program pelatihan vokasional TIK yang diselenggarakan  Huawei dan mampu membantu meningkatkan jumlah lulusan SMK yang siap kerja.

Perkecil gap dunia pendidikan dan industri

Untuk menyukseskan program ini, Huawei juga telah membangun kerja sama dengan mitra-mitra bisnis Huawei di Indonesia untuk kepentingan penyaluran dan perekrutan siswa-siswa yang mengikuti program pelatihan vokasional ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X