Perkuat Wawasan Konstitusi, Untar Tuan Rumah Kompetisi Peradilan Semu

Kompas.com - 14/11/2019, 17:34 WIB
Rektor Universitas Tarumanegara, Agustinus Purna Irawan bersama pihak Mahkamah Konstitusi. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJORektor Universitas Tarumanegara, Agustinus Purna Irawan bersama pihak Mahkamah Konstitusi.

KOMPAS.com - Sejumlah mahasiswa fakultas hukum dari berbagai universitas di Indonesia mengikuti Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi Tingkat Nasional Piala Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia 2019 di Universitas Tarumanagara (Untar), Jakarta.

Acara itu diawali dengan seminar yang diisi oleh Prof Eddy Omar Sharief Hiariej, Prof HK Martono, dan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Polana B Pramesti dengan tema "Konstitusionalitas Hasil Investigasi Kecelakaan Pesawat Terbang sebagai Alat Bukti di Sidang Pengadilan".

Rektor Untar Prof Agustinus Purna Irawan mengatakan, kompetisi peradilan konstitusi di Untar diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa jurusan hukum. Mereka dibekali pengetahuan lewat seminar yang diberikan Prof Eddy dan Prof Martono, serta Polana B Pramesti.

Belajar kasus nyata

" Mahasiswa dibekali pengetahuan untuk memahami permasalahan real. Topiknya bagaimana pesawat jatuh, bagaimana hak-hak penumpang. Makanya (hadir) ahli-ahli dari Perhubungan," ujar Prof Agustinus saat berbincang dengan Kompas.com di Untar, Kamis (14/11/2019).

Baca juga: Raih Academic Leader Award 2019, Rektor Untar Sebut Pentingnya Keteladanan

Prof Agustinus berharap lewat seminar ini, mahasiswa punya wawasan tentang dunia perhubungan dan penerbangan.

Selain itu, seminar ini juga menjadi bekal untuk para mahasiswa berkompetisi dalam peradilan semu yang membahas perdebatan hak asasi manusia dalam pembuktian kecelakaan pesawat lewat bukti Komite Nasional Keselamatan Transportasi.

Terdapat 12 universitas yang ikut berkompetisi, yaitu Universitas Bengkulu, Universitas Lampung I, Universitas Padjadjaran, Universitas Islam Jakarta, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Sumatera Utara II, Universitas Lampung II, Universitas Indonesia II, Universitas Udayana, Universitas Sam Ratulangi, UIN Alauddin Makassar, dan Universitas Hasanuddin.

Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi Tingkat Nasional Piala Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia merupakan kompetisi keenam yang diselenggarakan Mahkamah Konstitusi, di mana Untar menjadi tuan rumah.

Kerja sama MK-Untar

Dalam Kompetisi Peradilan Semu tahun ini, Untar menjadi tuan rumah kedua sepanjang penyelenggaraan kompetisi. Acara ini masih merupakan bagian dari rangkaian ulang tahun ke-60 Untar yang jatuh pada Oktober lalu.

Dalam pembukaan acara Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi Tingkat Nasional Piala Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia 2019, Untar dan Mahkamah Konstitusi menandatangani memorandum of understanding.

Untar dan Mahkamah Konstitusi berupaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi hukum dan membangun kesadaran berkonstitusi warga negara.

Prof Agustinus mengatakan, kerja sama dengan Mahkamah Konstitusi terkait peningkatan kegiatan riset hukum, publikasi, kegiatan lomba, pembekalan hukum, dan kesempatan magang untuk dosen dan mahasiswa Untar di Mahkamah Konstitusi.

Kerja sama antara Untar dan Mahkamah Konstitusi merupakan pelaksanaan kali kedua. Menurut Agustinus, kerja sama ini merupakan perpanjangan atas kerja sama yang dilakukan sebelumnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X