10 Ciri Teman Kerja Kelompok yang Menyebalkan, Apa Kamu Salah Satunya?

Kompas.com - 15/11/2019, 20:11 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Kamu pernah kesal sama teman karena bikin sulit saat mengerjakan tugas kuliah?

Oh ya tugas kuliah itu termasuk penulisan makalah, tugas praktek, tugas UTS maupun UAS. Jika ada satu anggota kelompok yang berulah, semua bakalan kena getahnya.

Kamu jangan jadi teman sekelompok yang menyebalkan, ya! Nanti temanmu bisa malas sekelompok denganmu.

Berikut 10 ciri anggota kelompok yang menyebalkan.

1. Si telat

Kebiasaan terlambat memang terlihat sepele. Namun, kamu tentu bakal bete saat menunggu dia yang terlambat dan berujung pekerjaan terhambat.

Coba bayangkan bila kelompokmu sedang melakukan riset penting di suatu tempat lalu berantakan gara-gara salah satu anggota kelompok yang terlambat datang.

2. Tidak bisa menerima ide orang lain

Menguasai suatu masalah, punyak banyak ide, dan lainnya tak selalu baik bila tak menguasai cara berkomunikasi antar anggota kelompok.

Baca juga: Kisah Dendra, Mahasiswa Berkebutuhan Khusus yang Menjadi Anggota BEM

Dalam kerja kelompok mesti ada tukar pendapat, diskusi, dan kesepakatan. Kalau susah terbuka dengan ide orang lain, tentunya akan menyulitkan kerjasama dalam kelompok.

3. Mendominasi

Poin ini masih berhubungan dengan poin kedua. Salah satu bentuk dominasi adalah nggak bisa menerima pendapat orang lain.

Terlalu dominasi juga membatasi anggota kelompok lain. Padahal, semua anggota dalam kelompok adalah setara walaupun masing-masing memiliki tugas/peran berbeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X