Kerja Sama UI dan China: Simulator PLTU Pertama Perguruan Tinggi

Kompas.com - 17/11/2019, 18:01 WIB
Power Plant Simulator and Scientific Research Educational Cooperation Center di Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Dok. Universitas IndonesiaPower Plant Simulator and Scientific Research Educational Cooperation Center di Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.

KOMPAS.com - Indonesia kini memiliki simulator pembangkit tenaga uap (PLTU) pertama yang berada di lingkungan perguruan tinggi. Simulator pembangkit tenaga uap bernama Power Plant Simulator and Scientific Research Educational Cooperation Center itu hadir di Fakultas Teknik Universitas Indonesia ( FTUI), Jawa Barat.

Power plant simulator ini merupakan hasil kerja sama FTUI dengan China Shenhua Energy Company Limited Guohua Power Branch.

“Laboratorium ini akan menjadi pusat pembelajaran dan pelatihan bagi para tenaga kerja Guohua Energy di bidang pengoperasian, pengendalian, dan pemeliharaan PLTU," kata Dekan FTUI, Hendri D.S. Budiono seperti dikutip dari laman Universitas Indonesia.

Hendri menambahkan laboratorium simulator pembangkit tenaga uap juga bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa untuk penelitian dan pengembangan di bidang terkait.

Selain membangun Simulator PLTU, Shenhua bersama tim UI juga telah menyelesaikan Pre-Feasibility Study (pre-FS) untuk pembangunan PLTG di sekitar UI.

Baca juga: 15 Universitas Terbaik Asia dalam Lulusan Kerja, Peringkat Berapa Indonesia?

“Dengan kerja sama ini, diharapkan UI dapat membantu industri ketenagalistrikan di Indonesia dalam meningkatkan kapasitas SDM yang kompeten. Di sisi lain, diharapkan juga dapat memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan ketenagalistrikan di Indonesia,” lanjut Hendri.

Dalam peresmian Power Plant Simulator and Scientific Research Educational Cooperation Center Senin lalu turut hadir Rektor UI Prof. Muhammad Anis; Dekan FTUI Hendri D.S. Budiono, President Director of Guohua Electric Power, Song Chan; dan Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua PT PLN (Persero), Ahmad Rofik.

Peningkatan SDM handal

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X