Mendikbud Nadiem: Karakter, Pengetahuan dan Keterampilan Jadi Modal Dasar

Kompas.com - 18/11/2019, 13:26 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memberikan sambutan dalam acara Apresiasi Bunda PAUD 2019 di Balai Kartini, Jakarta, Senin (18/11/2019). Nadiem menekankan pendidikan karakter penting untuk diberikan untuk anak usia dini. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memberikan sambutan dalam acara Apresiasi Bunda PAUD 2019 di Balai Kartini, Jakarta, Senin (18/11/2019). Nadiem menekankan pendidikan karakter penting untuk diberikan untuk anak usia dini.

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan anak-anak mesti dibekali kemampuan beradaptasi dengan perubahan teknologi untuk menghadapi era yang dinamis. Kemampuan berpikir kritis dan analytical thinking pada anak perlu ditumbuhkan.

"Oleh karena itu, kita harus membekali anak-anak kita dengan kemampuan beradaptasi yang mumpuni. Kita memberikan karakter, pengetahuan, dan keterampilan yang paling dibutuhkan di era sekarang dan masa depan," kata Nadiem dalam pidato Anugerah Bunda PAUD 2019 di Balai Kartini, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Menurut Nadiem, kualitas pendidikan karakter sebagian besar telah tertanam di masyarakat Indonesia. Semangat gotong royong dan tolerasi mesti dipupuk sebagai bekal pendidikan karakter.

"Sebagian kita mesti kita tumbuhkan seperti berpikir kritis, dan analytical thinking. Bekal itu kita harus berikan sejak dini karena intervensi di usia dini akan membuat perbedaan jangka panjang yang bersifat permanen," tambahnya.

Nadiem menyebut PAUD (Pendidikan Anak Usioa Dini) dan Bunda PAUD berperan penting. Guru-guru da Bunda PAUD memiliki tugas mulia untuk membekali pendidikan untuk anak-anak sejak dini.

Baca juga: Mendikbud Nadiem dan Mensos Juliari Sepakat Integrasi Data KIP, Ini Alasannya

"Generasi penerus bangsa indonesia dengan segenap kemampuan dasar yang diperlukan untuk menghadapi dunia yang amat dinamis ini," ujarnya.

Mendidik anak sejak dini akan membekas

Ibu Wakil Presiden, Wuri Estu Handayani menyebutkan PAUD memiliki peran penting dalam mendidik anak seperti di bidang kedisiplinan, etos kerja, dan religiusitas.Dalam mendidik anak usia dini, peran guru dan orangtua sangat diperlukan.

" Pendidikan karakter di usia dini akan menjadi dasar dan fondasi ke depannya. Oleh karena itu Bunda PAUD perannya penting sekali. Pentingnya pendidikan sejak dini, akan terus membekas," ujar Wuri.

Ia memberikan contoh pepatah yang terkait dalam mendidik anak usia dini. Bila mendidik anak kecil seperti menulis di atas batu, sedangkan mendidik usia dewasa seperti menulis di atas air.

Pendidikan PAUD juga bisa menumbuhkan karakter unggul, dapat dipercaya, bertanggung jawab, dan adil. Proses pendidikan anak, lanjut Wuri, juga bisa dikemas secara menarik dan menyenangkan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X