Berdayakan Guru, Zenius dan We The Teachers Distribusikan Materi Belajar Digital Gratis

Kompas.com - 20/11/2019, 06:17 WIB
Murid-murid MI Misbahussudur, Desa Banyupelle, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan belajar di kelas yang terbuat dari kayu dan gedek yang sudah reot, Senin (23/9/2019). Ada pula yang belajar di pinggir kuburan umum desa setempat karena ruang kelas tidak cukup. KOMPAS.com/TAUFIQURRAHMANMurid-murid MI Misbahussudur, Desa Banyupelle, Kecamatan Palengaan, Kabupaten Pamekasan belajar di kelas yang terbuat dari kayu dan gedek yang sudah reot, Senin (23/9/2019). Ada pula yang belajar di pinggir kuburan umum desa setempat karena ruang kelas tidak cukup.

KOMPAS.com - Guru bisa memanfaatkan teknologi digital agar semakin berdaya. Namun, tak semua guru di Indonesia bisa mendapatkan akses ke teknologi digital.

Untuk menjawab tantangan penerapan teknologi digital ke sektor pendidikan, Zenius Education berkolaborasi We The Teacher.

Zenius Education bersama We The Teacher akan melakukan program pemberdayaan guru-guru di wilayah tertinggal di Indonesia dan distribusi infrastruktur belajar yang lebih baik.

Chief Education Officer Zenius Education, Sabda PS mengatakan target kerjasama dilakukan lantaran melihat semangat guru yang ingin fokus belajar tetapi terkendala kehabisan waktu  karena masalah administrasi seperti pengurusan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), pembuatan absen, dan lainnya.

Selain itu, ia melihat guru bisa menjadi sentral pembelajaran untuk siswa.

Digitalisasi pembelajaran

"Kami punya 80.000 video pembelajaran dari kelas 1-6, SMP. Kami punya 1 juta bank soal. Minimal guru-guru itu bisa pakai belajar di kelas," kata Sabda dalam jumpa pers Berdayakan Guru di Era Digital, Zenius Kolaborasi dengan We The Teacher di Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Baca juga: Benarkah Peran Guru Tidak Akan Terganti di Era Revolusi Industri 4.0?

Menurut Sabda, materi-materi pembelajaran milik Zenius bisa diakses guru dan siswa. Ia menyebutkan program kolaborasi pemberdayaan guru bersama We The Teacher ke depan bisa didapatkan secara gratis.

"Sementara ini targetnya guru matematika, sains, dan bahasa," tambah Sabda.

Adapun pemberdayaan dilakukan adalah melakukan digitalisasi dalam proses belajar mengajar, bukan hanya dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran, melainkan juga sebagai bantuan untuk tugas-tugas administratif yang menyita waktu.

Zenius dan We The Teachers juga berupaya untuk dapat membantu sekolah dan anak didik di berbagai wilayah tertinggal di Indonesia agar mendapatkan fasilitas penunjang pendidikan yang layak, seperti teknologi digitalisasi sekolah Zenius Prestasi.

Dari kerjasama ini, lanjut Sabda, guru bisa lebih banyak menggunakan waktu dan energinya untuk menjalankan perannya sebagai pendidik. Guru juga bisa berkreasi dan berinovasi dalam memfasilitasi proses pembelajaran.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X