Hari Guru Nasional, 3 Harapan Guru Milenial untuk Pendidikan Indonesia

Kompas.com - 25/11/2019, 12:43 WIB
Zafira Andini Muzzamil (22), guru SMAN 5 Bogor, Jawa Barat. Dok. Zafira Andini Muzzamil Zafira Andini Muzzamil (22), guru SMAN 5 Bogor, Jawa Barat.

KOMPAS.com - Kita banyak menaruh harapan kepada guru untuk membantu mendidik anak agar siap menghadapi masa depan. Indonesia pun membutuhkan generasi masa depan yang cemerlang untuk menghadapi persaingan global.

Pada Hari Guru Nasional, sejumlah guru dari generasi milenial juga menaruh harapan kepada pemerintah, orangtua, serta seluruh insan pendidikan.

Kompas.com mewawancarai sejumlah guru-guru millenial yang kini terjun mendidik di pendidikan formal.

Berikut rangkuman harapan-harapan muncul dari guru-guru generasi milenial.

1. Pendidikan menonjolkan karakter

Guru SMAN 5 Bogor, Zafira Andini Muzzamil (22) berharap siswa sadar bahwa ilmu pengetahuan yang dipelajari selama di sekolah bukan untuk membantu masuk ke perguruan tinggi.

Menurut Zafira, ilmu pengetahuan yang dipelajari sekarang adalah modal untuk menjalani hidup.

Baca juga: Hari Guru Nasional 2019, Milenial: Jadi Guru Itu Keren!

"Agar kamu tahu siapa diri kamu, kamu punya identitas yang khas, agar siswa unik, beragam, berwawasan, dan berkarakter," ujar Zafira saat dihubungi Kompas.com.

Zafira menyebutkan setiap anak itu punya karakter. Menurutnya, pendidikan seharusnya bisa menonjolkan karakter setiap anak.

"Ada sisi unik keluar, maka ada nilai-nilai toleransi di sana. Ada juga sisi kreatif. Di situlah pendidikan seharusnya menciptakan hal itu," tambah Zafira.

2. Bebas berkreasi dan berinovasi

Guru Semut-Semut The Natural School Depok, M. Fuad Rizqi Ramadhan (23) berharap sekolah-sekolah bisa lebih membebaskan guru dan murid lebih berekspresi. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X