12 Jenis Beasiswa yang Perlu Kamu Ketahui

Kompas.com - 27/11/2019, 13:26 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.

KOMPAS.com —  Beasiswa menjadi salah satu cara untuk bisa melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi dengan biaya lebih ringan atau bahkan bebas biaya sama sekali.

Saat ini ada banyak beasiswa yang ditawarkan dari berbagai sumber. Informasi penting seputar beasiswa yang perlu kamu tahu tidak hanya melulu soal nominal. Banyak informasi penting dan perlu diketahui, seperti kriteria, lokasi, periode, sampai syarat-syarat, dan ketentuan untuk mendaftarkan diri pada program beasiswa tersebut.

Informasi ini penting agar kamu dapat memilih beasiswa yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang kamu miliki. Nah, berikut informasi diberikan Rencanamu.id terkait berbagai macam jenis beasiswa yang perlu kamu ketahui:

Berdasarkan cakupan

1. Beasiswa penuh

Tidak hanya menutupi biaya pendidikan, beasiswa penuh juga menyediakan pendanaan untuk kebutuhan pendukung lain yang digunakan penerima selama masa studi berlangsung, seperti biaya hidup, biaya perjalanan, akomodasi, asuransi, sampai sarana dan prasarana pendukung belajar.

Baca juga: Beasiswa Eiffel, Studi S2/S3 Sambil Menikmati Wisata Perancis

Bahkan, ada beasiswa penuh yang mendukung pembiayaan hidup keluarga penerima beasiswa.

2. Beasiswa parsial

Dari namanya, bisa kita simpulkan beasiswa parsial hanya menanggung sebagian dari total biaya yang kamu butuhkan selama melanjutkan masa studi dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pemberi beasiswa (disebut juga dengan sponsor) akan menutupi biaya studi prioritas yang enggak bisa kamu tanggung. Pada umumnya, beasiswa parsial yang diberikan sponsor bisa dalam bentuk biaya kuliah atau akomodasi saja atau bahkan berbentuk short course

Berdasarkan pendonor

3. Beasiswa pemerintah

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X