Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Jurusan Pariwisata, Pilihan Kuliah untuk yang Ingin Kerja Sambil Jalan-jalan

Kompas.com - 04/12/2019, 18:58 WIB
Wahyu Adityo Prodjo,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lulus kuliah lalu kerja sambil liburan dan dibayar, siapa yang tidak mau? Jurusan Pariwisata adalah salah satu cara untuk bisa mewujudkan impian itu.

Beberapa universitas negeri dan swasta di Indonesia menyediakan pilihan jurusan pariwisata. Kamu bisa masuk melalui jalur SNPTN, SBMPTN, maupun masuk melalui jalur mandiri di universitas swasta.

Berikut informasi tentang jurusan pariwisata seperti dikutip dari Rencanamu.id.

1. Apa itu jurusan pariwisata?

Jurusan Pariwisata adalah jurusan yang mempelajari semua hal berkaitan dengan pariwisata. Kamu bisa belajar mulai dari manajemen destinasi wisata, tour and travel, dan perhotelan.

Para lulusan jurusan ini diharapkan mampu memberikan pelayanan hospitalitas berkualitas. Selain itu, mahasiswa diharapkan memiliki ketertarikan pada kebudayaan Indonesia sekaligus bisnis.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Ini Cocok untuk Kamu yang Tidak Suka Matematika

2. Mengapa memilih jurusan pariwisata?

Pariwisata adalah jurusan paling menyenangkan, terutama bagi kamu yang punya hobi jalan-jalan. Namun, jangan berpikir dengan memilih jurusan ini kamu hanya akan jalan-jalan melulu.

Meski terlihat santai karena sering jalan-jalan, kamu tentu harus bekerja dengan sangat serius. Pariwisata adalah bidang yang tak akan pernah surut dan saat ini sedang mengalami pertumbuhan cukup bagus.

3. Yang dipelajari di jurusan pariwisata

Di jurusan pariwisata kamu akan belajar sejumlah mata kuliah mulai dari manajemen, psikologi, bahasa, geografi, bisnis, hukum, bahasa, dan lainnya.

Kamu akan menemui mata kuliah seperti psikologi jasa, dasar-dasar ilmu budaya, pengantar ilmu pariwisata, ekonomi pariwisata, bahasa korea, bahasa belanda, bahasa perancis, kepurbakalaan Indonesia, hukum pariwisata, MICE (Meeting Incentive Conference Exhibition), dan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com