Menarik, 4 Jurusan Kuliah Teknik Ini Justru Diminati Perempuan

Kompas.com - 05/12/2019, 16:58 WIB
Mahasiswi Jurusan Grafika Politeknik Negeri Jakarta yang sedang praktik di Ruang Ofset. Dok. GRAFIKA/POLITEKNIK NEGERI JAKARTAMahasiswi Jurusan Grafika Politeknik Negeri Jakarta yang sedang praktik di Ruang Ofset.

KOMPAS.com - Tidak selamanya jurusan teknik menjadi ranah kaum adam. Ternyata ada juga beberapa jurusan teknik yang diminati perempuan.

Memang tidak mudah bagi kaum hawa meminati jurusan teknik. Berbagai alasan muncul dimulai sterotipe anggapan jurusan teknik terlalu "macho" bagi perempuan, takut menjadi minoritas, atau khawatir tidak memiliki teman perempuan.

Jangan khawatir, tidak semua jurusan teknik selalu didominasi para mahasiswa. Ternyata ada juga loh jurusan teknik yang tetap diminati dan bahkan didominasi mahasiswi.

Mau tahu apa saja jurusan teknik yang menarik dan didominasi perempuan? Merangkum berbagai sumber, berikut 4 jurusan yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Teknik Biomedik

Teknik Biomedik adalah jurusan yang menggabungkan prinsip-prinsip ilmu teknik dalam bidang medis, kedokteran, sains dan juga kesehatan.

Teknik Biomedik juga melibatkan pelajaran seputar Biologi dengan mengembangkan peralatan atau metode-metode baru untuk memudahkan diagnosis dan ilmu pengobatan, serta untuk memperbaiki organ/bagian tubuh manusia yang mengalami sakit.

Baca juga: Mengenal Jurusan Kuliah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ini 5 Faktanya

Jurusan Teknik Biomedik ini cocok disukai perempuan karena selain mempelajari dunia biomedis, tetapi juga mempelajari ilmu kedokteran. Nantinya kamu para perempuan akan mendapatkan mata kuliah Biokimia, Fisiologi Manusia untuk Teknik, Anatomi Manusia untuk Teknik, Analasis Biomaterial, Sistem Rekam Medis, Kalkulus, dan Biofotonik.

Universitas memiliki jurusan Teknik Biomedik: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Air Langga.

Prospek kerja jurusan Teknik Biomedik: Tenaga Ahli Mitra Layanan Kesehatan, Tenaga Peneliti Pengembangan Bahan dan Sarana Layanan Kesehatan, dan Penganalisis Biologi dan Bahan Kimia.

2. Teknik Grafika

Jurusan Teknik Grafika merupakan jurusan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia menjadi tenaga ahli menengah profesional dan kompeten dalam bidang jasa seperti pelaksaan grafika, penerbitan, dan percetakan naskah untuk media elektronik dan cetak.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X