Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menarik, 4 Jurusan Kuliah Teknik Ini Justru Diminati Perempuan

Kompas.com - 05/12/2019, 16:58 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tidak selamanya jurusan teknik menjadi ranah kaum adam. Ternyata ada juga beberapa jurusan teknik yang diminati perempuan.

Memang tidak mudah bagi kaum hawa meminati jurusan teknik. Berbagai alasan muncul dimulai sterotipe anggapan jurusan teknik terlalu "macho" bagi perempuan, takut menjadi minoritas, atau khawatir tidak memiliki teman perempuan.

Jangan khawatir, tidak semua jurusan teknik selalu didominasi para mahasiswa. Ternyata ada juga loh jurusan teknik yang tetap diminati dan bahkan didominasi mahasiswi.

Mau tahu apa saja jurusan teknik yang menarik dan didominasi perempuan? Merangkum berbagai sumber, berikut 4 jurusan yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Teknik Biomedik

Teknik Biomedik adalah jurusan yang menggabungkan prinsip-prinsip ilmu teknik dalam bidang medis, kedokteran, sains dan juga kesehatan.

Teknik Biomedik juga melibatkan pelajaran seputar Biologi dengan mengembangkan peralatan atau metode-metode baru untuk memudahkan diagnosis dan ilmu pengobatan, serta untuk memperbaiki organ/bagian tubuh manusia yang mengalami sakit.

Baca juga: Mengenal Jurusan Kuliah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ini 5 Faktanya

Jurusan Teknik Biomedik ini cocok disukai perempuan karena selain mempelajari dunia biomedis, tetapi juga mempelajari ilmu kedokteran. Nantinya kamu para perempuan akan mendapatkan mata kuliah Biokimia, Fisiologi Manusia untuk Teknik, Anatomi Manusia untuk Teknik, Analasis Biomaterial, Sistem Rekam Medis, Kalkulus, dan Biofotonik.

Universitas memiliki jurusan Teknik Biomedik: Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Air Langga.

Prospek kerja jurusan Teknik Biomedik: Tenaga Ahli Mitra Layanan Kesehatan, Tenaga Peneliti Pengembangan Bahan dan Sarana Layanan Kesehatan, dan Penganalisis Biologi dan Bahan Kimia.

2. Teknik Grafika

Jurusan Teknik Grafika merupakan jurusan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia menjadi tenaga ahli menengah profesional dan kompeten dalam bidang jasa seperti pelaksaan grafika, penerbitan, dan percetakan naskah untuk media elektronik dan cetak.

Jurusan ini cocok untuk dipilih oleh perempuan yang senang dengan menggambar, menulis ataupun seputar percetakan. Jurusan ini sangat digemari perempuan yang ingin nantinya bisa menghasilkan buku karya sendiri dengan hasil cetakan pribadi, dan ingin menjadi pebisnis bidang percetakan seperti majalah, koran, dan tabloid.

Nantinya kamu akan mendapatkan mata kuliah seputar Kimia Grafika, Fisika Terapan, Ilmu Bahan Grafika, Mekanika Teknik, Psikologi Industri, Statistika Industri dan masih banyak lagi.

Universitas memiliki jurusan Teknik Grafika: Universitas Sahid Jakarta, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta, Sekolah Tinggi Media komunikasi Trisakti, Politeknik Negeri Media Kreatif Medan, dan Politeknik Negeri Media Kreatif Makassar.

Prospek kerja jurusan Teknik Grafika: Tenaga Pengajar, Penerbit Majalah, Biro Iklan, Kehumasan, Penerbit Buku, Pembisnis Percetakan, dan Penerbit Surat Kabar.

3. Teknologi Pangan

Teknologi Pangan merupakan jurusan mempelajari komponen kimiawi dan biologis di dalam makanan yang dapat berefek pada tubuh manusia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com