3 Prodi Soshum Paling Diminati di SBMPTN 2019, Ini Prospek Kariernya

Kompas.com - 09/12/2019, 18:37 WIB
Ilustrasi pekerja milenial. SHUTTERSTOCK/RED MANGOIlustrasi pekerja milenial.

KOMPAS.com - Program studi Ilmu Komunikasi, Manajemen, dan Ilmu Hukum menjadi tiga program studi sosial humaniora ( Soshum) paling diminati di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. 

Prodi- prodi terfavorit tersebut tersebar di Universitas Diponegoro, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Jakarta, UPN Yogyakarta, UPN Jawa Timur, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Jenderal Soedirman.

Berikut penjelasan prospek karier program studi yang paling diminati di SBMPTN 2019 seperti dikutip dari Rencanamu.id.

1. Ilmu Hukum

Pada program studi Ilmu Hukum, kamu akan mempelajari segala sesuatu tentang hukum baik praktek ataupun teorinya. Belajar tentang hukum memang lebih banyak mendalami konsep dan teori, juga beberapa kasus hukum yang terjadi.

Baca juga: SNMPTN 2020, dari Jadwal hingga Tahapannya

Pada akhir masa kuliah biasanya, kamu mendapatkan kesempatan untuk praktek di berbagai firma hukum, kejaksaan, atau pengadilan, sehingga teori yang telah dipelajari.

Setelah lulus dari program studi Ilmu Hukum, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Hukum (S.H). Kamu bisa memilih untuk berkarir sebagai hakim atau jaksa.

Selain itu, kamu juga dapat memilih mau berkarir sebagai pengacara publik/swasta dan notaris. Sebagai lulusan Ilmu Hukum, kamu juga akan dibutuhkan di berbagai perusahaan sebagai legal staff atau di bagian personalia/HRD

2. Ilmu Komunikasi

Di program studi Ilmu Komunikasi, kamu akan belajar seputar public speaking, menulis berita, fotografi, desain dan animasi, membuat iklan, film, dan masih banyak lagi.

Dalam jurusan Ilmu Komunikasi, kamu akan belajar secara lebih dalam mengenai aspek-aspek komunikasi, baik secara teori dan praktik.

Sebagai lulusan Ilmu Komunikasi, kamu tak hanya bisa berkecimpung di industri media, melainkan di berbagai macam organisasi. Kamu bisa berkarier sebagai humas atau PR (public relation) di perusahaan atau di pemerintahan, pengamat komuikasi politik, pengamat media, content writer, atau bahkan influencer.

3. Ilmu Manajemen

Ilmu manajemen merupakan program studi yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Kamu akan belajar aspek-aspek manajemen dalam bidang bisnis dan ekonomi yang lebih terfokus pada kegiatan mengelola, merencanakan, dan mengatur (manajemen) semua proses dalam perusahaan untuk mencapai tujuan.

Program studi Ilmu Manajemen sangat dibutuhkan untuk hampir seluruh perusahaan baik swasta maupun instansi pemerintah. Lulusan ini dibutuhkan untuk dapat mengelola suatu organisasi dengan pemahaman tentang hukum ketenagakerjaan serta dapat berkomunikasi secara efektif.

Prospek pekerjaan yang kamu bisa coba setelah lulus dari Ilmu Manajemen seperti perencana bisnis berkelanjutan, akuntan, manajer umum dan operasional, manajer pemasaran, analisis manajemen bisnis, manajer logistik, dan lainnya.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X