5 Tips Ini Bisa Buat Kamu Lolos Seleksi SNMPTN

Kompas.com - 10/12/2019, 09:40 WIB
Ilustrasi mahasiswa mengerjakan tugas dengan laptop thinkstock/zhudifengIlustrasi mahasiswa mengerjakan tugas dengan laptop

KOMPAS.com - Lolos SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dapat menjadi kebanggaan bagi setiap siswa yang memilih melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri.

SNMPTN menjadi dambaan setiap siswa karena siswa bisa lolos ke perguruan tinggi negeri tanpa harus bersaing mengikuti tes UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) bersama banyak siswa lainnya.

Namun, meski kamu lolos tanpa tes untuk bisa lolos SNMPTN bukan perkara mudah. Kamu juga harus melalui tahap seleksi ketat. 

Apalagi, saat ini pendaftaran SNMPTN 2020 sudah mulai dibuka. Merangkum dari Rencanamu.id, 7 hal penting ini bisa membantumu lolos SNMPTN:

1. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Bagaimana kamu mau mengatur strategi dan berkompetensi di SNMPTN, kalau kamu masih setengah-setengah mencari informasi SNMPTN. Ada standar aturan yang bisa jadi acuan kamu dalam membuat strategimu nanti.

Baca juga: Memahami Lebih Jauh soal LTMPT, SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN

Beberapa informasi yang perlu kamu ketahui:

A. Tidak semua siswa bisa jadi peserta SNMPTN, oleh karena itu kamu akan diseleksi dari sekolah berdasarkan beberapa kriteria, yaitu: SMA akreditasi A kuota 40 persen siswa terbaik, akreditasi B kuota 25 persen siswa terbaik dan akreditasi C 5 persen siswa terbaik.

B. Kriteria siswa nilai terbaik berdasarkan nilai rapor semester 1 – 5 untuk 6 mata pelajaran, yaitu :

  • Jurusan IPA = Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi.
  • Jurusan IPS = Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.
  • Jurusan Bahasa = Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, bahasa asing lainnya.
  • SMK = Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta mata pelajaran teori dan praktik pada kejuruan masing-masing.

C. Kuota calon lulusan untuk SNMPTN yang diberikan disetiap kampus minimial 20 persen.

2. Jangan berhenti update

Jangan berhenti update maksudnya kamu pantengin terus informasi yang terkait dengan SNMPTN. Bisa kamu cari berita-berita terkini tentang SNMPTN ataupun banyak tanya ke pihak sekolahmu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X