Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Ini Bisa Buat Kamu Lolos Seleksi SNMPTN

Kompas.com - 10/12/2019, 09:40 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Lolos SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dapat menjadi kebanggaan bagi setiap siswa yang memilih melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri.

SNMPTN menjadi dambaan setiap siswa karena siswa bisa lolos ke perguruan tinggi negeri tanpa harus bersaing mengikuti tes UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) bersama banyak siswa lainnya.

Namun, meski kamu lolos tanpa tes untuk bisa lolos SNMPTN bukan perkara mudah. Kamu juga harus melalui tahap seleksi ketat. 

Apalagi, saat ini pendaftaran SNMPTN 2020 sudah mulai dibuka. Merangkum dari Rencanamu.id, 7 hal penting ini bisa membantumu lolos SNMPTN:

1. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Bagaimana kamu mau mengatur strategi dan berkompetensi di SNMPTN, kalau kamu masih setengah-setengah mencari informasi SNMPTN. Ada standar aturan yang bisa jadi acuan kamu dalam membuat strategimu nanti.

Baca juga: Memahami Lebih Jauh soal LTMPT, SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN

Beberapa informasi yang perlu kamu ketahui:

A. Tidak semua siswa bisa jadi peserta SNMPTN, oleh karena itu kamu akan diseleksi dari sekolah berdasarkan beberapa kriteria, yaitu: SMA akreditasi A kuota 40 persen siswa terbaik, akreditasi B kuota 25 persen siswa terbaik dan akreditasi C 5 persen siswa terbaik.

B. Kriteria siswa nilai terbaik berdasarkan nilai rapor semester 1 – 5 untuk 6 mata pelajaran, yaitu :

  • Jurusan IPA = Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi.
  • Jurusan IPS = Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.
  • Jurusan Bahasa = Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, bahasa asing lainnya.
  • SMK = Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, serta mata pelajaran teori dan praktik pada kejuruan masing-masing.

C. Kuota calon lulusan untuk SNMPTN yang diberikan disetiap kampus minimial 20 persen.

2. Jangan berhenti update

Jangan berhenti update maksudnya kamu pantengin terus informasi yang terkait dengan SNMPTN. Bisa kamu cari berita-berita terkini tentang SNMPTN ataupun banyak tanya ke pihak sekolahmu.

“Waktu sebelum sibuk try out dan Ujian Nasional, aku udah mulai cari tahu tentang SNMPTN, berita tentang SNMPTN, sampai aku nanya pihak ke sekolah. Biasanya yang akan ngebantu kita buat daftar SNMPT itu Guru BK (Bimbingan Konseling),” ujar Muhammad Dahnial Riski, salah satu mahasiswa yang lolos SMPTN 2018 pada program studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta.

Kamu harus memanta laman berkaitan SNMPTN karena segala aturan, jadwal dan persyaratan bisa saja berubah setiap tahunnya.

3. Hati-hati memilih

Saat kamu mendaftar SNMPTN, kamu akan memilih 2 pilihan prodi dan kampus. Pilihannya itu meliputi :
A. Pilih “yang penting lolos”
B. Pilihan yang sangat dicita-citakan
C. Pilihan yang sesuai keahlian dan kemampuan

Sebaiknya jangan pilih A. Karena biasanya jalur SNMPTN dibuka pertama. Itu sebabnya kamu masih memiliki kesempatan jalur lainnya. Perlu diingat juga, jika nanti kamu dinyatakan lolos dari SNMPTN, diimbau untuk mengambilnya.

“Kalo udah dinyatakan lolos, jangan sampai gak diambil. Soalnya nanti kampus kita bisa di nonaktifkan untuk mengikuti SNMPTN pada adik kelasnya yang next year mau daftar SNMPTN di kampus yang udah pernah nggak jadi diambil sama kaka kelasnya,” ungkap Dahnial.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com