Pengganti UN Menilai Kemampuan Literasi dan Numerasi, Apa Itu?

Kompas.com - 12/12/2019, 12:46 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem dalam peluncuran Empat Pokok Kebijakan Pendidikan ?Merdeka Belajar?, di Jakarta, Rabu (11/12/2019). DOK. KEMENDIKBUDMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makariem dalam peluncuran Empat Pokok Kebijakan Pendidikan ?Merdeka Belajar?, di Jakarta, Rabu (11/12/2019).


KOMPAS.com - Gebrakan baru Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Makarim terkait program " Merdeka Belajar" memuat soal kemampuan literasi dan numerasi siswa.

Pada acara Rapat Koordinasi Bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jakarta pada 11 Desember 2019, Nadiem menyampaikan, UN tahun 2021 akan diganti dengan konsep Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

Dalam pemberitaan Kompas.com sebelumnya, Nadiem menjelaskan, konsep Asesmen Kompetensi Minimum merupakan asesmen untuk mengukur kemampuan minimal yang dibutuhkan siswa.

Baca juga: 4 Gebrakan Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem, Termasuk Penghapusan UN!

Kata Nadiem, materi dinilai meliputi literasi, numerasi, dan penguatan pendidikan karakter.

Pengertian literasi dan numerasi

 

Literasi adalah kemampuan bernalar menggunakan bahasa. "Literasi itu bukan hanya kemampuan membaca, literasi adalah kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan memahami konsep di balik tulisan tersebut," ujar dia.

Sedangkan numerasi ialah kemampuan menganalisis dengan menggunakan angka-angka.

"Ini adalah dua hal yang akan menyederhanakan asesmen kompetensi mulai 2021," imbuh Nadiem.

Dikutip dari laman https:// gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku-literasi-numerasi/, literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk:

  1. Menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari.
  2. Menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dan sebagainya) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X