Tertarik Sekolah Kedinasan? Ini 3 Tes Masuk yang Wajib Kamu Tahu

Kompas.com - 12/12/2019, 18:20 WIB
Ilustrasi. Praja IPDN Dok. Laman resmi IPDNIlustrasi. Praja IPDN

KOMPAS.com - Lulus dari SMA/SMK memiliki impian untuk bisa masuk ke Sekolah Kedinasan. Sekolah Kedinasan memiliki jalur tesnya sendiri.

Sebelum berencana dan memilih jurusan di Sekolah Kedinasan, kamu perlu ketahui bahwa tes di Sekolah Kedinasan Tidaklah sama dengan tes seleksi PTN ( perguruan tinggi negeri) seperti SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi) atau Tes Jalur Mandiri.

Tesnya tidak lagi hanya seputar pelajaran Saintek, Soshum, atau Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC).

Nah, sebelum kamu mempersiapkan diri mendaftar Sekolah Kedinasan, seperti yang dikutip dari Rencanamu.id, kamu juga perlu mengetahui ragam jenis tes Sekolah Kedinasan:

Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Jika TKD SBMPTN terdiri dari ujian Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Berbeda dengan TKD yang berlaku di Sekolah Kedinasan.

Di Sekolah Kedinasan berlaku Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Baca juga: Mendikbud Nadiem: Ujian Nasional 2020 Akan Menjadi yang Terakhir

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Termasuk tes menguji kemampuan penguasaan pengetahuaan dan kemampuan peserta dalam implementasi 4 pilar pedoman Kebangsaan Indonesia meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 (UUD’45), Bhineka Tunggal Ika dan hal-hal mencakup Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Tes Intelegensi Umum (TIU)

Adalah tes mengukur kompetensi peserta yang berhubungan dengan hal kemampuan verbal, numerik, logika, dan analisis.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Berfungsi untuk melihat karakter, kepribadian dan tingkat emosional kamu yang berkaitan dengan hal-hal integritas diri, kreatifitas, semangat prestasi dan sebagainya.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X