Catat, Ini 7 Sumber Info Penting untuk Kamu Pencari Beasiswa

Kompas.com - 14/12/2019, 16:27 WIB
Ilustrasi Beasiswa KGSP DOK. STUDYINKOREA/KGSPIlustrasi Beasiswa KGSP

KOMPAS.com - Mendapatkan beasiswa pendidikan menjadi impian setiap siswa. Ada banyak beasiswa bisa kamu dapatkan, baik beasiswa dalam negeri maupun beasiswa luar negeri.

Banyak beasiswa yang menawarkan skema full maupun parsial. Namun, kamu harus aktif mencari informasi beasiswa dari berbagai sumber.

Ada beberapa sumber yang bisa kamu rujuk untuk mendapatkan informasi beasiswa. Dikutip dari Rencanamu.id, berikut tips beasiswa untuk memperoleh sumber informasi mengenai beasiswa:  

1. Guru Bimbingan Konseling

Kamu bisa mendapatkan informasi beasiswa dari guru bimbingan konseling (BK) loh. Kamu bisa "mengganggu" guru BK untuk berkonsultasi seputar beasiswa mulai dari informasi hingga tips mendapatkan beasiswa.

Selagi senggang kamu bisa mampir ke ruang BK di sekolahmu. Jangan sungkan untuk berdiskusi dengan guru BK seputar beasiswa.

Baca juga: 13 Tips Raih Beasiswa Kuliah lewat Jalur Prestasi

2. Sub bagian akademik kampus

Untuk kamu para mahasiswa, sub bagian akademik kampus adalah salah satu tempat untuk mendapatkan informasi beasiswa mulai beasiswa internal kampus, perusahaan yang bekerja sama dengan kampus hingga luar negeri.

Nah, kamu bisa bertanya dengan baik-baik ke pegawai sub bagian akademik seputar beasiswa. Pegawai sub bagian akademik kampus akan dengan senang hati menjelaskan informasi beasiswa.

3. Mading sekolah/kampus/organisasi

Di era teknologi digital yang berkembang pesat saat ini, jangan sepelekan kekuatan majalah dinding (mading). Meski terkesan basi dan ketinggalan jaman, mading menjadi salah satu media komunikasi yang vital di sekolah, kampus, maupun organisasi.

Biasanya mading dipasang di tempat-tempat strategis seperti di lorong sekolah atau kampus dan juga kantin. Bila kamu melihat mading, cobalah untuk mengintip sejenak. Siapa tahu ada informasi beasiswa di mading.

4. Kedutaan besar/pusat kebudayaan negara asing

Buat kamu yang mengincar studi di luar negeri, kedutaan besar atau pusat kebudayaan negara asing adalah tempat wajib yang kamu kunjungi untuk mendapatkan informasi beasiswa.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X