Kormo, Kolaborasi Rencanamu dan Google Mudahkan Akses Kerja Lulusan Baru

Kompas.com - 17/12/2019, 20:08 WIB
Google Managing Director Randy Jusuf dalam acara Google 4 Indonesia. DOK. RENCANAMUGoogle Managing Director Randy Jusuf dalam acara Google 4 Indonesia.

KOMPAS.com - Mendukung visi Presiden Joko Widodo memperkuat kualitas SDM, Rencanamu berkolaborasi dengan Google memberikan bimbingan karier, pengembangan keterampilan, serta kesempatan kerja bagi siswa, mahasiswa, dan lulusan baru melalui aplikasi baru, Kormo.

Rencanamu sendiri merupakan platform persiapan karier dan rekrutmen berbasis data yang menghubungkan perusahaan dengan talenta lulusan baru terbaik secara ilmiah tanpa bias.

“Pada akhirnya, kami ingin menyediakan link and match otomatis antara siswa, mahasiswa dan lulusan baru dengan industri sebagai pendukung proses transisi antara dunia sekolah dan dunia kerja," ujar Rizky Muhammad, CEO dan Founder Rencanamu. 

Rizki berharap, melalui kemitraan dengan Google, pihaknya menjadi selangkah lebih dekat dengan visi Rencanamu yaitu menghubungkan siswa dengan beragam kesempatan ekonomi yang paling sesuai, seperti magang dan pekerjaan.

"Harapan kami, kedepannya anak muda Indonesia sudah tidak perlu lagi mencari pekerjaan. Itulah sebabnya kami menjalin kerjasama dengan Kemendikbud dalam membantu siswa meningkatkan kebekerjaan (employability) melalui rangkaian kerangka intervensi karier dan pengembangan diri terstruktur," ujar Rizky.

Baca juga: Transformasi YouthManual Menjadi Rencanamu, Rangkul Dunia Kerja dan Pendidikan

Platform Kormo

Kemitraan melalui aplikasi Kormo ini akan memudahkan pencari kerja menemukan pekerjaan sesuai dengan mengikuti rangkaian asesmen untuk mengukur kemampuan dan keterampilan serta menghubungkan talenta ke lebih banyak kesempatan di dunia kerja.

Rencanamu juga telah bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan fokus yang sama.

Google akan segera mengintegrasikan asesmen Rencanamu dengan platform Kormo agar pencari kerja mendapatkan manfaat lebih dari hasil asesmen kemampuan dan keterampilan yang telah mereka ikuti.

Fokus pada persiapan karier dan pengembangan keterampilan ini juga turut membantu pencari kerja dalam membuka lebih banyak kesempatan kerja dari berbagai perusahaan, serta memperkuat profil digital mereka.

“Tujuan kami adalah membuat proses mencari dan melamar kerja jauh lebih mudah untuk anak muda Indonesia dalam memulai karier dan memasuki dunia kerja, serta membantu perusahaan menemukan talenta yang tepat," ujar Bickey Russel, Google Program Lead untuk Kormo.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X