Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kormo, Kolaborasi Rencanamu dan Google Mudahkan Akses Kerja Lulusan Baru

Kompas.com - 17/12/2019, 20:08 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Mendukung visi Presiden Joko Widodo memperkuat kualitas SDM, Rencanamu berkolaborasi dengan Google memberikan bimbingan karier, pengembangan keterampilan, serta kesempatan kerja bagi siswa, mahasiswa, dan lulusan baru melalui aplikasi baru, Kormo.

Rencanamu sendiri merupakan platform persiapan karier dan rekrutmen berbasis data yang menghubungkan perusahaan dengan talenta lulusan baru terbaik secara ilmiah tanpa bias.

“Pada akhirnya, kami ingin menyediakan link and match otomatis antara siswa, mahasiswa dan lulusan baru dengan industri sebagai pendukung proses transisi antara dunia sekolah dan dunia kerja," ujar Rizky Muhammad, CEO dan Founder Rencanamu. 

Rizki berharap, melalui kemitraan dengan Google, pihaknya menjadi selangkah lebih dekat dengan visi Rencanamu yaitu menghubungkan siswa dengan beragam kesempatan ekonomi yang paling sesuai, seperti magang dan pekerjaan.

"Harapan kami, kedepannya anak muda Indonesia sudah tidak perlu lagi mencari pekerjaan. Itulah sebabnya kami menjalin kerjasama dengan Kemendikbud dalam membantu siswa meningkatkan kebekerjaan (employability) melalui rangkaian kerangka intervensi karier dan pengembangan diri terstruktur," ujar Rizky.

Baca juga: Transformasi YouthManual Menjadi Rencanamu, Rangkul Dunia Kerja dan Pendidikan

Platform Kormo

Kemitraan melalui aplikasi Kormo ini akan memudahkan pencari kerja menemukan pekerjaan sesuai dengan mengikuti rangkaian asesmen untuk mengukur kemampuan dan keterampilan serta menghubungkan talenta ke lebih banyak kesempatan di dunia kerja.

Rencanamu juga telah bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan fokus yang sama.

Google akan segera mengintegrasikan asesmen Rencanamu dengan platform Kormo agar pencari kerja mendapatkan manfaat lebih dari hasil asesmen kemampuan dan keterampilan yang telah mereka ikuti.

Fokus pada persiapan karier dan pengembangan keterampilan ini juga turut membantu pencari kerja dalam membuka lebih banyak kesempatan kerja dari berbagai perusahaan, serta memperkuat profil digital mereka.

“Tujuan kami adalah membuat proses mencari dan melamar kerja jauh lebih mudah untuk anak muda Indonesia dalam memulai karier dan memasuki dunia kerja, serta membantu perusahaan menemukan talenta yang tepat," ujar Bickey Russel, Google Program Lead untuk Kormo.

Ia menyampaikan semakin banyak orang mencari kerja secara online sehingga pihaknya ingin menyediakan platform di mana seseorang dapat menemukan berbagai lowongan pekerjaan dan mengantarkan mereka ke kesempatan kerja. 

Persiapkan generasi unggul

“Bermitra dengan Rencanamu membantu kami dalam membantu anak muda Indonesia memasuki dunia kerja dengan lebih mudah, serta membuat mereka berdaya untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia,” tambah Russel.

Indonesia diproyeksikan menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-5 di dunia pada tahun 2030.

Sebagai salah satu negara dengan profil demografis termuda, dengan lebih dari 138 juta (53,5 persen) orang di bawah usia 30 tahun (BPS, 2016), Indonesia akan memindahkan ketergantunga pada sumber daya alam ke arah ekonomi digital melalui inovasi, teknologi, dan kualitas SDM.

Di tahun 2030, Indonesia akan membutuhkan 57 juta tambahan tenaga kerja terampil dan semi-terampil untuk mengimbangi pertumbuhan ekonomi yang didorong kuatnya consumer demand, meningkatnya ekonomi kelas menengah, serta upaya pemerintah meningkatkan investasi ke dalam negeri.

Tenaga kerja muda yang kuat dan produktif akan menjadi kunci dan diharapkan mendorong akselerasi nasional menuju era Indonesia Emas 2045.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com