Jurusan Desain Komunikasi Visual, Ini Penjelasan dan Prospek Karier

Kompas.com - 20/12/2019, 08:19 WIB
Thalita Nursinta Aulia, mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menujukkan aplikasi atau pilah sampah jadi rupiah, Sabtu (1/12/2018) Dok. Humas UdinusThalita Nursinta Aulia, mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menujukkan aplikasi atau pilah sampah jadi rupiah, Sabtu (1/12/2018)

KOMPAS.com - Buat kamu yang senang berkreasi dan ingin berkecimpung di dunia kreatif, jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) bisa menjadi salah satu pilihan jurusan kuliah.

Di jurusan Desain Komunikasi Visual, kamu bisa belajar tentang metode-metode kreatif dalam membuat karya-karya visual.

Awalnya, jurusan Desain Komunikasi Visual dikenal dengan nama Desain Grafis dan mempelajari seputar grafis 2D (gambar) di media cetak.

Kemudian, dalam perkembangannya DKV cakupannya lebih luas lagi.

Pesan visual kini tidak hanya dalam bentuk grafis 2D di media cetak, tetapi juga grafis 3D dan grafis bergerak di media elektronik dan berbagai jenis media baru yang muncul seperti media interaktif web.

Berikut penjelasan lebih lengkap tentang jurusan Desain Komunikasi Visual seperti dikutip dari Rencanamu.id.

Apa itu DKV?

Di jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV), kamu akan mempelajari ilmu tentang penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan elemen-elemen visual atau rupa.

Baca juga: 6 Alasan Kamu Mesti Pilih Jurusan Kuliah yang Ramai Peminat di SBMPTN

Kamu akan belajar untuk mengolah pesan secara informatif, komunikatif, dan efektif, serta sekreatif mungkin agar pesan dapat mencapai sasaran dengan memperhatikan unsur bentuk, warna, tekstur, ruang, huruf, dan segala hal yang berkaitan dengan visual (pengelihatan).

Kamu juga akan banyak melakukan praktek untuk menciptakan karya desain di berbagai media, seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi, dan sebagainya.

Jurusan Desain Komunikasi Visual kini juga memiliki beragam peminatan di beberapa perguruan tinggi, seperti peminatan grafis, multimedia, dan periklanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X