7 Tempat Wisata Edukasi di Yogya Menarik saat Liburan Sekolah

Kompas.com - 22/12/2019, 11:19 WIB
Peserta Kids in Museum sedang mendengarkan penjelasan koleksi museum dari edukator museum. ARSIP KOMUNITAS YOGYAKARTA NIGHT AT THE MUSEUMPeserta Kids in Museum sedang mendengarkan penjelasan koleksi museum dari edukator museum.

KOMPAS.com - Siapa tak kenal Kota Yogyakarta. Selain jadi kota pendidikan dan budaya, Yogya juga dikenal sebagai destinasi wisata edukasi dari domestik maupun mancanegara saat liburan sekolah seperti libur akhir tahun saat ini. 

Karena menyandang predikat itu, Yogya punya banyak tempat wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi, terlebih saat liburan sekolah dan libur akhir tahun ini.

Saat dihubungi Kompas.com, Minggu (22/12/2019), Ketua Umum Badan Musyawarah Musea (Barahmus) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ki Bambang Widodo menjelaskan ada beberapa objek wisata edukasi di Yogya.

Dari sekian banyak objek wisata edukasi, paling banyak didominasi museum. Sebab, museum berfungsi sebagai tempat mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta melestarikan warisan budaya masyarakat untuk tujuan studi, penelitian dan kesenangan atau hiburan.

Baca juga: Menjelajahi Museum Maritim Indonesia, Wisata Edukasi Baru di Jakarta Utara

Dari total 58 museum di DIY, ini dia 7 museum yang paling menarik untuk dikunjungi saat liburan akhir tahun 2019.

1. Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla)

Bermarkas di kompleks Pangkalan Udara Adisutjipto, Yogyakarta, museum ini selalu ramai dikunjungi setiap waktu. Paling banyak masih didominasi anak-anak sekolah, pelajar dan masyarakat umum.

Museum ini menyimpan sejumlah foto tokoh-tokoh sejarah serta diorama peristiwa sejarah Angkatan Udara Indonesia. Atau sejumlah pesawat tempur dan replikanya juga ada yang kebanyakan berasal dari masa Perang Dunia II dan perjuangan kemerdekaan.

2. Museum Monumen Yogya Kembali (Monjali)

Monumen Yogya Kembali adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Museum ini berada di Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, DIY.

Museum yang berbentuk kerucut ini menyimpan koleksi yang berhubungan dengan sejarah perjuangan bangsa. Ada koleksi pakaian, senjata yang pernah dipakai para pejuang kemerdekaan, relief dan diorama.

3. Museum Benteng Vredeburg

Berada tepat di titik nol km Kota Yogyakarta, museum ini juga sebagai tempat menyimpan koleksi sejarah perjuangan bangsa.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X