Kompas.com - 23/12/2019, 16:57 WIB

KOMPAS.com - Pemeringkatan universitas terbaik dunia 2019/2020 telah dirilis Times Higher Education (THE) pada bulan September 2019. Berita ini turut menjadi salah satu berita yang banyak diminati pembaca Kompas.com sepanjang tahun 2019.

Jika kamu berencana melanjutkan studi ke luar negeri, tidak ada salahnya mengintip daftar 10 universitas terbaik dunia 2019 ini sebagai referensi dalam menentukan pilihan.

Inggris alami penurunan

Selama empat tahun berturut-urut, University of Oxford telah menempati peringkat pertama di dunia.

Sementara University of Cambridge, Imperial College London, UCL (University College London), London School of Economics and Political Science, dan University of Endinburgh menjadi universitas berperingkat tertinggi berikutnya di Inggris.

Kendati demikian, beberapa universitas di Inggris mengalami penurunan peringkat akibat adanya kesenjangan pendanaan antar berbagai sektor dan cakupan sistem penilaian pendidikan tinggi yang semakin luas. 

Baca juga: 10 Universitas Terbaik Asia Sepanjang 2019 versi Times Higher Education

Belum diketahui apakah ada dampak kaitan isu Brexit terkait penurunan peringkat universitas di Inggris ini. 

Secara Keseluruhan, 18 dari 28 perguruan tinggi di Inggris yang berada di 200 peringkat teratas, telah menurun posisinya sejak tahun sebelumnya.

Jepang mendominasi

Sebaliknya, Jepang telah memperkuat dominasinya pada peringkat di dunia.

Hal itu dibuktikan dengan bertambahnya jumlah universitas Jepang dalam peringkat 100 dunia dari 5 universitas kini menjadi 10 universitas.

Jumlah itu membuktikan univeritas di Jepang telah mengambil ahli kedudukan peringkat universitas-universitas di Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.