Kompas.com - 25/12/2019, 11:17 WIB

KOMPAS.com - Menyambut Natal, Sekolah Sinarmas World Academy (SWA) menyelenggarakan acara edukatif pada 14 Desember 2019 yang dikemas seru dan menarik dengan mengangkat tema "Winter Wonderland".

Tidak hanya menghadirkan semangat Natal, acara ini juga menjadi sarana bagi SWA untuk melakukan edukasi soal pengguna gawai atau gadget dalam keluarga kepada para orangtua.

Mengutip New York Times, dalam rilis resmi SWA menyebutkan 70 persen orangtua mengizinkan anak-anak berusia 6 bulan sampai dengan 4 tahun bermain gadget ketika mereka sedang mengerjakan pekerjaan.

Bahkan data yang sama menyebutkan 65 persen orangtua memberikan gadget untuk menenangkan anak di tempat umum.

Dampak pada perkembangan sosial

Meskipun gadget memiliki dampak positif dalam merangsang keterampilan motorik, daya kreativitas, dan membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak; namun penggunaan yang berlebihan dan minimnya pengawasan dari orang tua akan membawa dampak negatif terhadap perkembangan sosial anak.

Baca juga: Natal Untar, Memperteguh Semangat Toleransi

Selain menggelar parenting seminar “Gadget – Kawan atau Lawan si Kecil?”, SWA juga menggelar kegiatan “PlayDate” untuk anak-anak bermain dan berinteraksi dengan bimbingan dari guru-guru SWA.

Kegiatan ini dipandang memiliki dampak positif untuk perkembangan motorik, sensorik, sosial, dan emosional anak.

Tidak hanya itu, kegiatan bersama anak-orangtua juga penting dilakukan secara rutin dan berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang anak pada usia dini terutama bagi anak yang belum mulai bersekolah.

Kegiatan bersama orangtua dan teman sebaya lain juga diyakini akan melatih anak untuk menjadi lebih mandiri dan tidak takut untuk bersosialisasi dengan lingkungannya.

Kebersamaan orangtua dan anak

Acara utama di "Winter Wonderland" adalah aktivitas untuk mempererat hubungan orang
tua dan anak dengan melakukan berbagai kegiatan menarik bersifat edukatif yang dilakukan
secara bersama-sama. 

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.